Data Mining Untuk Mengelompokkan Data Penjualan Sepeda Motor Honda Di Dealer Resmi Honda Cv.Deli Motor Delitua Dengan Menggunakan Metode K-means Clustering

Authors

  • Ahmad Rizki STMIK Triguna Dharma
  • Yohanni Syahra STMIK Triguna Dhatma
  • Jaka Prayudha STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i9.4706

Abstract

CV.Deli Motor merupakan dealer resmi sepeda motor Honda yang ada di Kecamatan Delitua, Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara.Belakangan ini pihak CV.Deli Motor sering mengalami kendala dalam penentuan jumlah penyediaan tipe barang karena konsumen memiliki serela berbeda dalam tipe pembelian sepeda motor. Untuk itu perlunya analisa lebih lanjut untuk mengetahui type sepeda motor yang paling diminati, dan mana produk yang harus diperbanyak, mana yang harus dieliminasi.Untuk itu, maka dirancang sebuah aplikasi dengan konsep data mining menggunakan algoritma K-Means (Clustering) untuk mengelompokkan data penjualan sepeda motor honda. Dalam hal ini, penerapan data mining dirasa mampu menjadi solusi dengan menganalisa data penjualan yang ada pada CV.Deli Motor. Data yang digunakan sebagai bahan sample pada penelitian ini adalah data penjualan CV.Deli Motor tahun 2018 dan 2019.Hasil dari proses mining membentuk cluster-cluster yang digunakan untuk memberi saran pertimbangan dalam menentukan strategi penjualan yakni mengeliminasi produk dengan posisi cluster paling laris berada di atas dan tidak laris berada di bawah.

Author Biographies

Ahmad Rizki, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Yohanni Syahra, STMIK Triguna Dhatma

Sistem informasi

Jaka Prayudha, STMIK Triguna Dharma

Sistem komputer

References

B. K. Williams and S. C. Sawyer, Using Information Technology : A Practical Introduction to Computers & Communications ; complete version / Brian K. Williams and Stacey C. Sawyer. 2011.

Moekijat, Kamus Manajemen. 2018.

D. T. Larose, Discovering Knowledge in Data: An Introduction to Data Mining. 2005.

Yudi Agusta, “K-Means – Penerapan, Permasalahan dan Metode Terkait,†J. Sist. dan Inform., 2007.

gunadharma, “Definisi dan Simbol Flowchart,†Defin. Dan Simbol Flowchart, 2016.

Downloads

Published

2020-09-30

URN