Sistem Pendukung Keputusan Untuk Memprediksi Permintaan Pemasangan Billboard/Led Videotron Di Kota Medan Dengan Menggunakan Metode Fuzzy Takagi Sugeno

Authors

  • Eni Wahyuni STMIK Triguna Dharma
  • Marsono M STMIK Triguna Dharma
  • Trinanda Syahputra STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i1.470

Abstract

PT. Pelangi Ditra Promosi merupakan perusahaan advertising pertama yang ada di Sumatera Utara, dengan pengalaman yang panjang dan mendapat kepercayaan dari perusahaan-perusahaan besar seperti Djarum, Bank BNI, Unilever dan lain-lain. PT. Pelangi Ditra Promosi memiliki permasalahan dalam memprediksi pemasangan billboard/led videotron yang dijadikan pertimbangan berapa banyak pemasangan yang akan terjadi.Dari permasalahan yang terjadi, dengan menggunakan sistem pendukung keputusan akan dapat membantu dalam penyelesaian masalah yang terjadi dengan menggunakan metode fuzzy takagi sugeno. Metode fuzzy takagi sugeno yang merupakan metode inferensi fuzzy untuk caturan yang direprentasikan dalam bentuk IF-THEN dimana output berupa konstanta atau persamaan linear.Hasil dari penelitian ini, sebuah aplikasi berbasis desktop yang dapat mengimplementasikan metode fuzzy takagi sugeno untuk menghasilkan keputusan yang akurat, tepat dan sesuai dengan kebutuhan PT. Pelangi Ditra Promosi.

References

B. Rico Irawan, W. Suletra, E. Liquiddanu, Y. Priyandari, and ) Program Studi, “Seminar dan Konferensi Nasional IDEC Evaluasi Harga Sewa Sembilan Titik Reklame Videotron Menggunakan Metode Pengambilan Keputusan Multi Kriteria AHP,†2019.

O. : Andry, P. Purnama, D. Akbar, A. Thalib, D. Prodi, and I. Komunikasi, “Keefektivitasan Videotron Dalam Menyampaikan Pesan Iklan Kepada Masyarakat,†2018.

D. Widyaningrum, B. Sudarsono, and A. Laila Nugraha, “Analisis Sebaran Reklame Billboard Terhadap Lokasi Dan Nilai Pajak Reklame Berbasis Sistem Informasi Geografis,†2017.

A. Bahroini, A. Farmadi, R. Adi Nugroho, J. A. Yani Km, and K. Selatan, “Prediksi Permintaan Produk Mie Instan Dengan Menggunakan Metode Fuzzy Takagi Sugeno,†Kumpul. J. Ilmu Komput., vol. 03, no. 02, 2016.

Y. N. Febrianti, “Permintaan Dalam Ekonomi Mikro,†vol. 2, pp. 1–24.2014

Dicky.N, and Sarjon, D “Multi Criteria Decision Making (MCDM) pada sistem pendukung keputusan,â€, 2017.

D. L. Rahakbauw, “Penerapan Logika Fuzzy Metode Sugeno Berdasarkan Data Persediaan Dan Jumlah Permintaan ( Studi Kasus : Pabrik Roti Sarinda Ambon ),†J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 9, pp. 121–134, 2015.

Kusumadewi, S. Purnomo Hari, “Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Pendukung Keputusan, Edisi 2†Graha Ilmu.,Yogyakarta 2013.

K. P. Beasiswa, A. Gorry, and S. S. Morton, “1) , 2),†pp. 61–69.

D. Indrianto, S. Anardani, and S. Nita, “Perancangan Sistem Informasi EAPT pada Pusat Pengembangan Bahasa Universitas PGRI Madiun Berbasis Android,†pp. 101–108, 2019

Downloads

Additional Files

Published

2018-04-25

Issue

Section

Articles

URN