Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Kenaikan Jabatan Pada Lembaga Penyiaran Publik TVRI Stasiun Sumatera Utara Dengan Menggunakan Metode MOORA

Authors

  • Muhammad Fahrozi Sembiring STMIK Triguna Dharma
  • Marsono Marsono STMIK Triguna Dharma
  • Zaimah Panjaitan STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i9.4696

Abstract

  Kenaikan jabatan dilakukan oleh perusahaan untuk mengisi kekosongan, kenaikan ini disebabkan oleh berbagai hal mulai dari pensiun hari tua hingga pengunduran diri pegawai. Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Televisi Republik Indonesia (TVRI) Stasiun Sumatera Utara merupakan salah satu stasiun televisi daerah yang berdiri sejak tanggal 28 desember 1970 yang beralamat di Jln. Putri Hijau No. 1 Medan, Kelurahan Kesawan Kota Medan, Sumatera Utara. Adapun permasalahan yang terjadi dalam menentukan kenaikan jabatan di Lembaga Penyiaran Publik TVRI Stasiun Sumatera Utara saat ini yaitu pada proses penilaian pegawai yang dilakukan setiap satu tahun sekali, proses penilaian kinerja pegawai di Lembaga Penyiaran Publik TVRI Stasiun Sumatera saat ini masih menggunakan manual (Konvensional) sehingga memakan waktu yang lama.                Dalam permasalahan diatas, maka dapat dilakukan dengan membutuhkan pengambilan keputusan dalam situasi semi terstruktur dan situasi yang tidak terstruktur, dimana tidak seorang pun yang tahu secara pasti bagaimana keputusan seharusnya yaitu sistem pendukung keputusan. Untuk menentukan hasil keputusan sistem ini dilakukan dengan perhitungan menggunakan salah satu metode untuk meyelesaikan masalah pengambilan keputusan yaitu metode MOORA (Multi Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis).                Hasil dengan menggunakan metode MOORA lebih akurat dan tepat sasaran dalam membantu proses pengambilan keputusan untuk menentukan kenaikan jabatan yang dianggap layak dan kurang layak  Kata Kunci: Karyawan, TVRI, Kinerja, MOORA, Sistem Pendukung Keputusan

Author Biographies

Muhammad Fahrozi Sembiring, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Marsono Marsono, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Zaimah Panjaitan, STMIK Triguna Dharma

Keamanan Komputer dan Artificial Intelligence.

References

N. W. Al-Hafiz, M. and S. , "Sistem Pendukung Keputusan Penentukan Kredit Pemilikan Rumah Menerapkan Multi-Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (MOORA)," KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), vol. I No 1, no. 2597-4645, pp. 306-309, 2017.

A. Syahputra, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lokasi Pre-Wedding di Kota Medan dengan Menggunakan Metode VIKOR dan BORDA," Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON), vol. I No 3, no. 2548-8368, pp. 207-214, 2020.

C. Lukita, C. Nas and W. Ilham, "Analisis Pengambilan Keputusan Penentuan Prioritas Utama Dalam Peningkatan Kualitas Mata Pelajaran Dengan Menggunakan Metode Perbandingan WASPAS dan," Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, vol. V No 3, no. 2460-3465, pp. 130-137 , 2019.

A. S. R. A. Binjori, H. R. Br Hutapea and M. Syahrizal, "Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Handphone Bekas Terbaik Menggunakan Metode Multi-Objective Optimization on The Basis of Ratio Analysis (MOORA)," Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), vol. V, no. 1, pp. 61-65, 2018.

E. N. A. Hidayah and E. Fetrina, "Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Jabatan Pegawai Dengan Metode Profile Matching," Jurnal Sistem Informasi, vol. X, no. 2, pp. 127-134, 2017.

D. Nofriansyah, Multi Criteria Decision Making, Yogyakarta: Cv.Budi Utama, 2017.

Downloads

Published

2020-09-30

URN