Implementasi Iot (Internet Of Things) Pada Sistem Keamanan Kandang Kambing Mengunakan Metode Simpleks Berbasis Nodemcu

Authors

  • Tugiman Tugiman STMIK Triguna Dharma
  • Darjat Saripurna STMIK Triguna Dharma
  • Afdal Alhafiz STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i9.4695

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang sangat cepat membuat banyak kemudahan bagi manusia terutama untuk melakukan komunikasi dan mendapatkan informasi tidak terbatas oleh waktu [1]. Teknologi yang dibesarkan dikala ini berbentuk sistem cerdas. Kecerdasan buatan atau yang dikenal dengan AI merupakan salah satu perkembangan teknologi. Kecerdasan buatan dibidang robotik mempunyai keahlian pengambilan keputusan bisa menyamai pola pikir manusia.Pemanfaatan teknologi dapat diterapkan dibanyak sektor, diantaranya bidang perindutrian, pendidikan, peternakan dan lainnya.Pada bidang peternakan terutama berternak kambing, Tingkat pencurian terhadap binatang ternak semakin meningkat. Hal ini dikarenakan tingkat keamanan yang kurang terhadap area peternakan kambing tersebut. Kebanyakan peternak kambing di negara kita ini masih menggunakan tenaga manusia untuk mengawasi keadaan area peternakan yang mereka miliki. Dengan hanya menggunakan tenaga manusia untuk mengawasi keamanan kandang kambing tersebut, keamanan kandang kurang terjamin karena tidak adanya suatu indikator atau peringatan kepada penjaga bila terjadi suatu pencurian. Dari persoalan yang sudah disampaikan di atas, perlu adanya teknologi konsep alat cerdas yang dapat membantu serta meringankan persoalan tersebut, maka dilakukan pembuatan alat instrumentasi yang dapat monitoring serta kendali keamanan kandang kambing melalui jaringan internet dengan menggunakan sistem android. Keputusan bisa menyamai pola piker manusia. Adapun komponen elektronika yang digunakan dalam implementasi sistem yaitu esp32cam sebagai kontroler dan komunikasi internet of things (IOT) dan sensor pir untuk mendeteksi objek manusia.

Author Biographies

Tugiman Tugiman, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Darjat Saripurna, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Afdal Alhafiz, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

I. Huda, “Research & Learning in Primary Education Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ) Terhadap Kulaitas

Pembelajaran Di Sekolah Dasar,†Asmar, vol. 2, no. 1, pp. 121–125, 2020.

L. A. Putra and A. R. Hakim, “Sistem Kendali Lampu Cerdas Pada

Smarthome Berbasis Android mengunakan Metode Fuzzy Logic Control,†CSRID (Computer Sci. Res. Its Dev. Journal), vol. 10, no. 1, p. 33, 2018, doi: 10.22303/csrid.10.1.2018.9-19.

W. Bagye, T. Azizah, and M. F. Zulkarnaen, “Alat Pengaman Kandang Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno,†J. Inform. dan Rekayasa Elektron., vol. 1, no. 2, p. 62, 2018, doi: 10.36595/jire.v1i2.61.

R. P. Pratama, “APLIKASI WEBSERVER ESP8266 UNTUK

PENGENDALI PERALATAN LISTRIK,†vol. 17, no. 2, 2017, doi: 10.31227/osf.io/pjwxd.

S. Siswanto, G. P. Utama, and W. Gata, “Pengamanan Ruangan Dengan Dfrduino Uno R3, Sensor Mc-38, Pir, Notifikasi Sms, Twitter,†J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 2, no. 3, pp. 697–707, 2018, doi: 10.29207/resti.v2i3.592.

“RANCANG BANGUN ALAT PENGUPAS KUACI BERBASIS ARDUINO ,†2021.

Downloads

Published

2020-09-30

URN