Implementasi Iot Pada Sistem Keamanan Cctv Berbasis Nodemcu

Authors

  • Hendri Maruli Tua STMIK Triguna Dharma
  • Saniman Saniman STMIK Triguna Dharma
  • Deski Helsa Pane STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i9.4673

Abstract

CCTV (Closed Circuit Television) adalah alat perekaman yang menggunakan satu atau lebih kamera video dan menghasilkan data video atau audio. CCTV adalah penggunaan video kamera yang mentransmisikan sinyal atau penyiaran tertuju kepada lingkup perangkat tertentu, yakni seperangkat monitor “spesifik terbatasâ€. CCTV (Closed Circuit Television) sudah menjadi alat pengawasan yang umum dipakai pada era sekarang ini, namun pengawasannya harus dilakukan dengan menggunakan perangkat yang bisa dipantau dengan komputer. Hal ini akan mengurangi tingkat pengawasan dikarenakan personal komputer membatasi ruang lingkup pengawas, sedangkan kebutuhan pengawas untuk melakukan mobilitas terkadang sulit dihindari. maka aplikasi untuk memantau CCTV akan sangat berguna untuk pemantauan situasi. Dalam mengatasi masalah tersebut maka dibutuhkanlah sebuah alat teknologi yang menggunakan NodeMcu untuk sistem kendali, sensor getar  sebagai digunakan untuk mendeteksi adanya getaran pada Cctv, sehingga pada saat  cctv dirusak atau di tutupi lensa kamera , maka sensor getar dapat mengetahui bahwa cctv ada yang merusaknya.,Iot untuk  digunakan sebagai alat  untuk menghubungkan koneksi internet ke ruang kontrol yang jarak nya mungkin puluhan kilometer,Smartphone sebagai alat control pc dari jarak jauh, aplikasi bot telegram sebagai output untuk notifikasi adanya bahaya atau getaran di cctv. 

Author Biographies

Hendri Maruli Tua, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Saniman Saniman, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Deski Helsa Pane, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

O. Rizan and Hamidah, “Rancangan Aplikasi Monitoring Kamera CCTV Untuk Perangkat Mobile Berbasis Android,†Teknol. Inform. dan Komput., vol. 3, p. 46, 2016.

J. Sistem, “Fakultas Ilmu Komputer.â€

L. N. Gunawan, J. Anjarwirawan, and A. Handojo, “Aplikasi Bot Telegram Untuk Media Informasi Perkuliahan Program Studi Informatika-Sistem Informasi Bisnis Universitas Kristen Petra.â€

M. K. Teknologi, “Jurnal iptek,†pp. 9–18, 2018, doi: 10.31284/j.iptek.2018.v22i2.

F. R. Doni, “Akses Kamera CCTV Dari Jarak Jauh Untuk Monitoring Keamanan Dengan Penerapan PSS,†vol. 8, no. 1, pp. 1–9, 2020.

Downloads

Published

2020-09-30

URN