Expert System Untuk Mendiagnosa Hama Pada Tanaman Buncis Phascolus Vulgaris Dengan Menggunakan Metode Teorema Bayes

Penulis

  • Andri Eduart Tampubolon STMIK Triguna Dharma
  • Erika Fahmi Ginting STMIK Triguna Dharma
  • Rina Mahyuni STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i10.4669

Abstrak

Masalah yang dihadapi para penyuluh pertanian dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara adalah keterbatasan waktu untuk hadir melakukan penyuluhan setiap hari kerja kepada para petani tanaman buncis sehingga membuat petani susah mencari informasi yang krenibel tentang cara mengatasi serangan hama pada tanaman buncis miliknya. Untuk itu pentingnya  dibangun  suatu  sistem  yang  terkomputerisasi  yaitu sistem pakar. Sistem pakar yang dibangun ini bukan untuk menggantikan fungsi pakar, akan tetapi hanya digunakan sebagai pelengkap dan alat bantu yang masih terbatas, karena program sistem pakar ini hanya bertindak sebagai penasehat atau konsultatif dan tidak seperti halnya seorang pakar yang dapat mendiagnosa hama dengan suatu aksi atau gerakan. Untuk mengatasi masalah yang dijelaskan diatas, salah satunya dengan membangun sistem pakar. Dengan adanya bantuan teknologi komputer sistem pakar ini diharapkan dapat membantu mempermudah dalam mendiagnosa gejala hama tanaman buncis. Untuk mendiagnosa gejala hama tanaman buncis, sistem pakar ini menggunakan metode Teorema Bayes dalam penalaran gejala hama sehingga menghasilkan sebuah kesimpulan hasil diagnosa. Hasil dari penelitian ini berupa sebuah sistem yang dapat mendiagnosa hama tanaman buncis. Sehingga dengan adanya sistem pakar ini bisa mempermudah user mendapatkan informasi tentang gejala dan hama tanaman buncis. Sehingga dapat membantu user dalam menemukan saran dan solusi terhadap hama tanaman buncis yang terjadi. 

Biografi Penulis

Andri Eduart Tampubolon, STMIK Triguna Dharma

 Sistem Informasi 

Erika Fahmi Ginting, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Rina Mahyuni, STMIK Triguna Dharma

Sistem Infromasi

Referensi

Rudi Hariyanto, Khalimatussadiah, "Sistem Pakar Diagnosis Penyakit dan Hama pada Tanaman Tebu Menggunakan Metode Certainty Factor," 2018.

Wawan Wardiana et al., "Aplikasi Sistem Pakar Tes Kepribadian Berbasis Web," 2017.

Fricles Ariwisanto Sianturi, "ANALISA METODE TEOREMA BAYES DALAM MENDIAGNOSA KEGUGURAN PADA IBU HAMIL BERDASARKAN JENIS MAKANAN," Jurnal TEKINKOM, vol. 2, 2019.

Evi Aprilia Sari, “Peran Pustakawan AI (Artificial Intelligent) Sebagai Strategi Promosi Perpustakaan Perguruan Tinggi Di Era Revolusi,†Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, vol. 3, no. 1, 2019.

Dedi Rahman Habibie and Dasril Aldo, "Sistem Pakar Untuk Identifikasi Jenis Jerawat Dengan Metode Certainity Factor," JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science), vol. 4, no. 3, p. 79, Dec. 2019.

Yenita Wijayana, Jurusan Teknik Elektro et al., "SISTEM PAKAR KERUSAKAN HARDWARE KOMPUTER DENGAN METODE BACKWARD CHAINING BERBASIS WEB," Media Elektrika, vol. 12, no. 2, 2019.

Charles Bronson Harahap, Wirhan Fahrozi, and Evta Indra, "SISTEM PAKAR MENDIAGNOSA KEMUSYRIKAN UMAT ISLAM DENGAN METODE FORWARD CHAINING," JUSIKOM PRIMA, vol. 3, no. 1, 2019.

Nur Aminudin et al., "APLIKASI WEB MOBILE SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT AYAM RAS PETELUR," Technology Acceptance Model, vol. 10, no. 1, 2019.

Novi Yona and Sidratul Munti, "PERANCANGAN SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT LUPUS ERITMATOSUS SISTEM (LES) DENGAN METODE FORWARD CHAINING MENGGUNAKAN PEMROGRAMAN PHP DAN MySQL,†2019.

Nico Alvio Maiyedra, "PERANCANGAN SISTEM PAKAR MENDIAGNOSA PENYAKIT KULIT PADA ANAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE BACKWARD CHAINING,†2018.

Diterbitkan

2020-10-30

Terbitan

Bagian

Articles

URN