RANCANG BANGUN SMARTGARDEN PADA TANAMAN AGRIKULTUR DENGAN METODE FUZZY LOGIC BERBASIS ARDUINO

Authors

  • Eko Hariyadi STMIK Triguna Dharma
  • Dedi Setiawan STMIK Triguna Dharma
  • Hendra Jaya STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i8.4651

Abstract

Faktor-faktor lingkugan sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman agrikultur tomat.  Beberapa faktor tersebut adalah temperatur udara dan intesites cahaya. Temperatur optimum untuk pertumbuhan tomat antara 24-28 derajat Celcius. Pada temperatur tinggi (diatas 32°C) warna buah tomat cenderung kuning, sedangkan pada temperatur tidak tetap warna buah cenderung tidak merata. Untuk faktor intensitas cahayanya tanaman tomat juga memerlukan adanya cahaya yang cukup untuk melakukan proses fotosintesis. Tanaman tomat memerlukan intensitas cahaya matahari sekurang–kurangya 10-12 jam setiap hari. Inovasi yang dapat dilakukan dalam bidang pertanian khususnya tanaman agrikultur adalah dengan inovasi pembuatan smartgarden yang dapat membantu memonitoring faktor-faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi pertumbuhan khususnya pada tanaman tomat.  Sistem nantinya dapat mengatur suhu lingkungan disekitar tanaman dan mengatur intesitas cahaya yang diterima oleh tanaman dengan memanfaatkan logika fuzzy dengan memanfaatkan mikrokontroler. Sistem yang akan dibangun nantinya akan memonitoring temperatur dan intensitas cahaya pada tanaman tomat. Untuk mengatur intensitas cahaya sistem akan menggunakan lampu LED dan menggunakan fan dc untuk mengatur temperatur pada tanaman yang dikendalikan oleh arduino uno

Author Biographies

Eko Hariyadi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Dedi Setiawan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Hendra Jaya, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Ela KartikaPERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill.) PADA BERBAGAI PERSENTASE NAUNGAN. e-J. Agrotekbis 3 (6) : 717- 724 , Desember 2015.

Ulfi Setyaningrum. Pengaruh Faktor Lingkungan Terhadap Pertumbuhan Tanaman Tomat.

Ray Kasful Ghito, Nunu Nurdiana S.T.,M.Kom. RANCANG BANGUN SMART GARDEN SYSTEM MENGGUNAKAN SENSOR SOIL MOISTURE DAN ARDUINO BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS : DI GERAI BIBIT NARNEA CIKIJING), Jurnal Universitas Majalengka,.

Gusrino Yanto. LOGIKA FUZZY UNTUK KENDALI SUHU RUANGAN PADA AIR CONDITIONER (AC) DI RUANG DOSEN STMIK INDONESIA PADANG. Jurnal Ilmu Fisika dan Teknologi, Vol. 1, No. 2 , 2017.

Sunarsan Sitohang, Ronal Denson Napitupulu. FUZZY LOGIC UNTUK MENENTUKAN PENJUALAN RUMAH DENGAN METODE MAMDANI (STUDI KASUS: PT GRACIA HERALD). Jurnal ISD Vol.2 No.2 Juli - Desember 2017.

Downloads

Published

2020-08-30

URN