Sistem Pakar Mendeteksi Kerusakan Mesin Speedboat Menggunakan Metode Theorema Bayes
DOI:
https://doi.org/10.53513/jct.v3i8.4649Abstract
Speedboat adalah kapal berukuran kecil (di bawah 7 GT) yang dibuat dari fiber, dengan mesin berkekuatan 40 PK. Dibandingkan dengan kapal kayu, speedboat lebih layak digunakan sebagai sarana transportasi karena selain waktu tempuhnya lebih cepat, juga sudah memperhatikan aspek keselamatan berlayar. speedboat adalah wahana yang paling sering di gunakan wisatawan oleh karena itu seiring berjalannya waktu tidak menutup kemungkinan terjadinya kerusakan (trouble) pada mesin speedboat.Dengan potensi kerusakan tersebut maka perlu adanya sebuah penelitian mengenai sistem yang dapat digunakan dalam mendeteksi kerusakan pada mesin speedboat. Sistem Pakar merupakan sistem yang mengadopsi pengetahuan layak nya seorang pakar. Sistem Pakar biasanya digunakan untuk mendeteksi kerusakan ataupun mendiagnosa suatu mesin yang gejalanya memiliki nilai kemungkinan atau bobot yang didapatkan dari pakar.Dalam penyelesaian masalah terkait mendeteksi kerusakan mesin speedboat, metode yang digunakan adalah metode Theorema Bayes. Metode Theorema Bayes ini memiliki perhitungan yang mudah dipahami.ÂReferences
P. Rakyat, M. Tengah, R. Stakeholder, and R. Indrawasih, “Jurnal Penelitian Transportasi Laut The Marginalized of People Shipping in Central Maluku Districts and,†vol. 20, pp. 40–54, 2018.
B. Sasangka and A. Witanti, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut Pada Anak Menggunakan Teorema Bayes Expert System to Diagnose Acute Respiratory Infection in Children Using the Bayes Theorem,†pp. 45–51, 2019.
H. T. Sihotang et al., “SISTEM PAKAR MENDIAGNOSA PENYAKIT HERPES ZOSTER,†vol. 3, no. 1, 2018.
E. R. De Fretes, “ANALISA NUMERIK PEMILIHAN GEOMETRI FIN BURITAN UNTUK KAPAL-KAPAL SPEED BOAT YANG BEROPERASI DI AMBON DAN SEKITARNYA,†no. April, pp. 80–85, 2018.
D. I. Pantai, G. Yogyakarta, and B. Cfd, “ANALISA PERFORMA HULLFORM PADA PRA PERANCANGAN SPEED BOAT KATAMARAN UNTUK SEARCH AND RESCUE ( SAR ),†pp. 6–13, 2017.