Penerapan Data Mining Dalam Menentukan Pola Penjualan Produk Menggunakan Metode Algoritma Apriori (Association Rule)

Authors

  • Romaya Sari Sitorus STMIK Triguna Dharma
  • Deski Helsa Pane STMIK Triguna Dharma
  • Azlan Azlan STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i1.4631

Abstract

Bina Johor Swalayan merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan, untuk dapat meningkatkan kualitas transaksi di perusahaan dan untuk memenuhi kebutuhan konsumen maka pihak perusahaan harus memperhatikan tata penyusunan dan tata letak barang. Salah satu yang menjadi permasalahan yang sering terjadi dalam perusahaan ini yaitu tata letak barang yang tidak teratur, yang mana hal ini menyebabkan konsumen mengalam kesulitan di dalam melakukan pencarian barang yang hendak dibeli.Salah satu solusi yang ditawarkan untuk mengembangkan dan memperbaiki pola tata letak penyusunan barang yaitu dengan menggunakan algoritma Apriori, yaitu teknik data mining untuk menemukan aturan asosiasi suatu kombinasi item, dengan memanfaatkan data transaksi penjualan, dengan ini dapat diketahui pola belanja konsumen mengenai pembelian barang secara bersamaan.Hasil penelitian ini berupa aplikasi yang berbasis desktop yang dapat mengimplementasikan metode association rule dalam membantu mencari pola penjualan dan dapat dijadikan rekomendasi dalam menentukan strategi penjualan oleh pihak Swalayan.

Author Biographies

Romaya Sari Sitorus, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Deski Helsa Pane, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Azlan Azlan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

R. Arifianti, “Analisis Tata Letak Dalam Perspektif Ritel,†J. Adbispreneur, vol. 1, no. 3, pp. 251–258, 2016.

M. Syahril, K. Erwansyah, and M. Yetri, “Penerapan Data Mining Untuk Menentukan Pola Penjualan Peralatan Sekolah Pada Brand Wigglo Dengan Menggunakan Algoritma Apriori,†J-SISKO TECH J. Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD, vol. 3, no. 1, pp. 118–136, 2020.

S. Nurhasanah, S. Kom, M. Kom, G. Abdurrahman, and S. Si, “PENERAPAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENCARI POLA PENJUALAN DI CAFE (Studi Kasus : Kedai Ceplok),†no. 1510651135.

M. Aprilliyani and M. Y. Putra, “Algoritma Apriori Untuk Menentukan Pola Penjualan Pada 212 Mart Cibitung,†vol. 3, no. 2, pp. 215–226, 2019.

A. J. P. Sibarani, “Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Meningkatkan Pola Penjualan Obat,†JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 7, no. 2, pp. 262–276, 2020, doi: 10.35957/jatisi.v7i2.195.

A. Musthafa and A. Wibowo, “Analisis Pola Penjualan Produk Vitamin Menggunakan Algoritma Apriori,†vol. 2, pp. 62–74, 2020.

Downloads

Published

2020-01-30

URN