Sistem Pakar Mendiagnosis Penyakit Kusta Pada Manusia Menggunakan Metode Teorema Bayes

Authors

  • Rizky Juniarti STMIK Triguna Dharma
  • Mukhlis Ramadhan STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Syaifuddin STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i2.4630

Abstract

Penyakit kusta di Indonesia merupakan masalah kesehatan masyarakat yang perlu mendapatkan perhatian karena penyakit kusta merupakan penyakit menular yang dapat me- nimbulkan masalah yang komplek. Dari beberapa tanda dan gejala yang dirasakan, tidak semua masyarakat mengetahui apakah dirinya mengidap penyakit Kusta atau tidak, dan untuk mengetahui keadaan tersebut biasanya masyarakat melakukan pemeriksaan ke Rumah Sakit atau Dokter.Dengan masalah tersebut maka di buatlah sistem pakar mendiagnosa penyakit kusta dengan tujuan untuk membantu dalam mendiagnosa pada penyakit kusta. Sistem pakar merupakan sebuah sistem aplikasi yang memiliki kemampuan layaknya seperti berpikir seorang pakar dalam menyelesaikan  masalah terkait penyakit pada tanaman lengkeng  sehingga dapat menghasilkan  sebuah kesimpulan atau solusi. Hasil dari penelitian ini mendapatkan suatu keluaran berupa penyakit yang dialami oleh seorang pasien serta solusi penanganan pada penyakit yang dialami oleh pasien  tersebut dengan menggunakan metode teorema bayes.

Author Biographies

Rizky Juniarti, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Mukhlis Ramadhan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Muhammad Syaifuddin, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

A. Muharry, “Jurnal Kesehatan Masyarakat,†vol. 9, no. 2, pp. 174–182, 2014.

M. M. Fathushahib, “Perancangan Sistem Pakar Untuk D Iagnosis Penyakit Ginjal Dengan M Etode Certainty Fac Tor Dan Forward,†vol. 01, no. 02, pp. 37–46, 2018.

P. S. Ramadhan, “Sistem Pakar Pendiagnosaan Dermatitis Imun Menggunakan Teorema Bayes,†InfoTekJar (Jurnal Nas. Inform. dan Teknol. Jaringan), vol. 3, no. 1, pp. 43–48, 2018, doi: 10.30743/infotekjar.v3i1.643.

S. Nurajizah, M. Saputra, M. Informatika, and S. Informasi, “SISTEM PAKAR BERBASIS ANDROID UNTUK DIAGNOSA PENYAKIT,†vol. 14, no. 1, pp. 7–14, 2018.

A. Andriani, Pemrograman Sistem Pakar.

Downloads

Published

2019-03-01

URN