Sistem Pakar Dalam Mendiagnosa Penyakit Tetelo (Newcastle disease/ND) Pada Ayam Jago Dengan Menggunakan Metode Theorema Bayes

Authors

  • Rahmat Azhari STMIK Triguna Dharma
  • Nurcahyo Budi Nugroho STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Zunaidi STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i8.4627

Abstract

Putra Jaya Farm adalah suatu usaha peternakan ayam yang berkembang, dalam proses peternakan ayam dalam  Putra jaya farm dapat dibilang masih dilakukan secara tradisional dan belum menggunakan alat-alat berbasis teknologi, dan yang menjadi masalah utama dalam peternakan ayam tentunya adalah penyakit dan virus yang sering terjangkit oleh hewan ternak.   Agar mempermudah dalam proses mendiagnosa sebuah penyakit pada ternak maka dibuatlah sebuah program Sistem Pakar. Sistem Pakar merupakan sistem yang mengadopsi pengetahuan layak nya seorang pakar. Sistem Pakar  biasanya digunakan untuk mendeteksi kerusakan ataupun mendiagnosa suatu penyakit yang gejalanya memiliki nilai kemungkinan atau bobot yang didapatkan dari pakar. Dalam penyelesaian masalah terkait mendiagnosa penyakit tetelo metode yang digunakan adalah metode Theorema Bayes. Metode Theorema Bayes ini memiliki perhitungan yang mudah dipahami.

Author Biographies

Rahmat Azhari, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Nurcahyo Budi Nugroho, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Muhammad Zunaidi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Y. T. Risky, A. Agrijanti, and N. Inayati, “Uji Screening Methicillin-resistant Staphylococcus Aureus (MRSA) Menggunakan Antibiotik Cefoxitin (fox) 30 µg Pada Pasien Penderita Abses Gigi di Klinik BPJS Mataram,†J. Anal. Med. Biosains, vol. 6, no. 2, p. 98, 2019.

R. A. Setiaji, I. B. Hidayat, P. D. Suhardjo, and M. S. S. K, “Sintesis Penelitian Deteksi Penyakit Abses pada Gigi Manusia Melalui Citra Periapikal Radiograf Domain Spasial,†e-Proceeding Eng., vol. 5, no. 3, pp. 5554–5561, 2018.

M. K. Zulfian Azmi,S.T. and S. K. Verdi Yasin, Pengantar Sistem Pakar dan Metode. Mitra Wacana Media, 2017, 2017.

H. T. SIHOTANG, E. Panggabean, and H. Zebua, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Herpes Zoster Dengan Menggunakan Metode Teorema Bayes,†vol. 3, no. 1, 2019.

R. A. Atmala and S. Ramadhani, “Rancang bangun sistem informasi pengarsipan surat menyurat,†J. Teknol. Inf. dan Pendidik., vol. 11, no. 2, pp. 56–62, 2018.

Fitri Ayu and Nia Permatasari, “perancangan sistem informasi pengolahan data PKL pada divisi humas PT pegadaian,†J. Infra tech, vol. 2, no. 2, pp. 12–26, 2018.

S. R.A and M.Shalahudin, Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). INFORMATIKA BANDUNG, 2018

Downloads

Published

2020-08-30

URN