Implementasi Metode Fuzzy Tsukamoto Dalam Menentukan Kepuasan Customer Terhadap Pelayanan Family Express

Authors

  • Alfian Lumbantoruan STMIK Triguna Dharma
  • Muklis Ramadhan STMIK Triguna Dharma
  • Wahyu Riansah STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i8.4624

Abstract

Peningkatan kualitas pelayanan merupakan salah satu strategi pemasaran yang diutamakanterhadap pemenuhan keinginan pelanggan. Semakin tinggi kualitas pelayanan yang dirasakan, pelanggan tentu akan semakin puas. Dalam hal ini perusahaan Family Express memusatkan perhatian mereka pada usaha untuk menghasilkan pelayanan yang unggul dan terus menyempurnakan.  Pelayanan yang berkualitas tinggi merupakan salah satu kunci sukses  perusahaan. Memperbaiki kualitas pelayanan ataupun jasa  merupakan tantangan penting bagi perusahaan bersaing di pasar. Perbaikan kualitas pelayanan akan mengurangi biaya  dan  meningkatkan  keunggulan  bersaing,  bahkan  lebih  jauh  lagi, kualitas pelayanan yang tinggi menciptakan keunggulan bersaing yang tahan lama. Namun untuk mengetahui tingkat kepuasan customer Family Express mengalami beberapa kendala yang disebabkan karena tidak adanya metode analisis untuk menyelesaikan evaluasi tersebut.Adapun solusi terhadap permasalahan tersebut diatas yaitu dengan membangun suatu sistem pendukung keputusan untuk membantu dalam menentukan tingkat kepuasan customer pada Family Express. Dengan menggunakan sistem pendukung keputusan dapat memecahkan masalah yang dihadapi Family Express. Adapun metode yang dipilih untuk mendukung pemecahan masalah diatas adalah Fuzzy Tsukamoto.                Hasil yang diperoleh dari sistem pendukung keputusan ini menunjukkan bahwa dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat membantu perusahaan dalam menentukan pilihan yang tepat sesuai dengan pertimbangan dan perhitungan yang benar. Sistem pendukung keputusan ini dapat memberikan solusi atau penyelesaian terhadap permasalahan yang ada pada Family Express.  Kata Kunci : Sistem Pendukung  Keputusan, Kepuasan , Fuzzy Tsukamoto

Author Biographies

Alfian Lumbantoruan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Muklis Ramadhan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Wahyu Riansah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Ludviyatus Sholeha, "Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Ahass Sumber Jaya Maha Sakti Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi," Jurnal Ilmu Ekonomi, vol. 5, no. 1, 2018.

Fajar Israwan, "PENERAPAN MULTI-OBJECTIVE OPTIMIZATION ON THE BASIS OF RATIO (MOORA) DALAM PENENTUAN ASISTEN LABORATORIUM," Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, vol. 5, no. 1, 2019.

Aulia Akhiran Syahidi, et al,, "Perancangan dan Implementasi Fuzzy Inference System Metode Tsukamoto Pada Penentuan Penghuni Asrama," Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, vol. 6, no. 1, 2018.

Amelia Budi Ramadhanti, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Di Balikpapan Menggunakan Analisis Hirarki Proses," vol. 2, no. 2, Okt. 2019.

Sofian Wira Hadi, Achmad Baroqah Pohan, Sistem Informasi, and Stmik Nusa Mandiri, "Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan PT. Injep Inti Cemerlang Dengan Metode AHP dan TOPSIS," ULTIMA Computing, vol. XI, no. 2, p. 55, 2019.

Doni Winarso and Fuad Yasir, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Produk Receiver Parabola dan Kipas Angin Pada Toko Irsan Jaya Rangkuti Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)," 2019.

Ichsan Fahmi, Fitra Kurnia, and Godlief ES Mige, "PERANCANGAN SISTEM PROMOSI JABATAN MENGGUNAKAN KOMBINASI ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN PROFILE MATCHING (PM)," Jurnal SPEKTRO, vol. 2, no. 1, 2019.

Danang Arbian, S St, and M Kom, "Sistem Pendukung Keputusan (SPK) Pemberian Beasiswa Berbasis TOPSIS (Studi Kasus Yayasan Pendidikan Al-Hikmah Bululawang Malang)," 2017.

Ridwan Boki, "Sistem Pendukung Keputusan (SPK) Penentuan Calon Guru Berprestasi Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto," 2016.

Tri Murti, "Sistem Penunjang Keputusan (SPK) Pemberian Pinjaman Dengan Metode Tsukamoto," Seminar Nasional Inovasi dan Tren, 2017.

Indra Kanedi, et al, "Sistem Pelayanan Untuk Peningkatan Kepuasan Pengunjung Pada Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Kota Bengkulu," Jurnal Pseudocode, vol. 3, no. 1, Apr. 2017.

Dwi Aryani, "Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan," Seminar Nasional Inovasi dan Tren, 2017.

Elistya Rimawati, "Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan STMIK Sinar Nusantara Surakarta," Jurnal Ilmiah SINUS, 2018.

Hasdiana and Hasanul Fahmi, "Aplikasi Pembelajaran Unified Modelling Language Berbasis Computer Assisted Instruction" JurnalSistem Informasi, vol. 2, no. 2, p. 104, Apr. 2018.

Mohammad Nur Fawaiq, Ahmad Jazuli, and Muhammad Malik Hakim, "PREDIKSI HASIL PERTANIAN PADI DI KABUPATEN KUDUS DENGAN METODE BROWN'S DOUBLE EXPONENTIAL SMOOTHING," 2019.

Sevi Andriasari Program Studi Manajemen Informatika, Amik Lampung Jl Jl Zainal Abidin Pagar Alam No, and A Bandar Lampung, "PENGEMBANGAN APLIKASI SISTEM PEMBAYARAN BERBASIS CLIENT-SERVER (Studi Kasus: Pembayaran SPP-SMK Taruna)," Jurnal Cendikia, vol. 13, no. 2, 2017.

Riska Sukmawati and Yudi Priyadi, "Perancangan Proses Bisnis Menggunakan UML Berdasarkan Fit/Gap Analysis Pada Modul Inventory Odoo," INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, vol. 3, no. 2, p. 104, Apr. 2019.

Nurul Azwanti, “Sistem Informasi Penjualan Tas Berbasis WEB Dengan Pemodelan UML,†Kumpulan Jurnal Ilmu Komputer (KLIK), vol. 4, no. 1, Feb. 2017.

Indra Griha Tofik Isa, and George Pri Hartawan, “Perancangan Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam Berbasis WEB (Studi Kasus Mitra Setia), vol. 5, edisi. 10, Mar. 2017.

Rita Irviani and Rossi Oktaviana, "APLIKASI PERPUSTAKAAN PADA SMA N1 KELUMBAYAN BARAT MENGGUNAKAN VISUAL BASIC," Technology Acceptance Model, vol. 8, no. 1, pp. 63-69, 2017.

Downloads

Published

2020-08-30

URN