Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Kandungan Air Tawar Untuk Pembesaran Ikan Gabus Menggunakan Metode MOORA

Authors

  • Rogadie M.S.B Purba Stmik Triguna Dharma
  • Ahmad Fitri Boy Stmik Triguna Dharma
  • Rico Imanta Ginting Stmik Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i7.4621

Abstract

Ikan gabus asin merupakan salah satu produk yang harganya cukup mahal. Di Sumatera dan Kalimantan umumnya ikan ini diasinkan terlebih dahulu sebelum diperdagangkan antar pulau. Namun pada kenyataannya dalam membudidayakan jenis ikan gabus ini tidak mudah, mengingat disamping ikan jenis ini adalah jenis karnivora yang terkadang bersifat kanibal dan jenis air juga sangat mempengaruhi daya hidupnya.Maka dari itu dibutuhkanlah sebuah sistem yang mampu memberikan rekomendasi jenis air tawar yang baik untuk ikan gabus. Sistem yang tepat dan dapat dijadikan solusi dari permasalahan tersebut adalah Sistem Pendukung Keputusan. Sistem yang tepat dan dapat dijadikan solusi dari permasalahan tersebut adalah Sistem Pendukung Keputusan dengan menggunakan metode Moora..Hasil penelitian merupakan terciptanya sebuah aplikasi Sistem Pendukung Keputusan dengan Metode Moora yang dapat membantu pihak peternakan ikan gabus dalam menentukan kualitas air yang terbaik untuk pembesaran ikan gabus.   Copyright © 2021 STMIK Triguna Dharma. All rights reserved.  

Author Biographies

Rogadie M.S.B Purba, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ahmad Fitri Boy, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Rico Imanta Ginting, Stmik Triguna Dharma

Sistem Komputer

References

A. N. Asikin, "KARAKTERISTIK EKSTRAK PROTEIN IKAN GABUS BERDASARKAN UKURAN BERAT IKAN ASAL DAS MAHAKAM KALIMANTAN TIMUR," JPHPI , vol. 21, no. 1, pp. 137-146, 2018.

C. Prastari, "KARAKTERISTIK PROTEIN IKAN GABUS YANG BERPOTENSI SEBAGAI ANTIHIPERGLIKEMIK," JPHPI , vol. 20, no. 2, pp. 413-423, 2017.

E. Ningsih, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENENTUKAN PELUANG USAHA MAKANAN YANG TEPAT MENGGUNAKAN WEIGHTED PRODUCT (WP) BERBASIS WEB," ILKOM Jurnal Ilmiah, vol. 9, no. 3, 2017.

S. Manurung, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN GURU DAN PEGAWAI TERBAIK MENGGUNAKAN METODE MOORA," Jurnal SIMETRIS, vol. 9, no. 1, 2018.

N. E. Putri, “Sistem Informasi Pengolahan Data Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Terpadu Amalia Syukra Padang, “ Jurnal Edik Informatika, Vol. 2, no. 2, 2016

Downloads

Published

2020-07-30

Issue

Section

Articles

URN