PENERAPAN DATA MINING DALAM MENGANALISA POLA PENJUALAN COFFESHOP NYOHOKA KOPI DENGAN MENGGUNAKAN METODE APRIORI

Authors

  • Christoffel Purba STMIK Triguna Dharma
  • Purwadi Purwadi STMIK Triguna Dharma
  • Fifin Sonata STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i7.4618

Abstract

 Pada dasarnya bisnis usaha kuliner harus selalu berusaha untuk memberikan nilai lebih terhadap pelanggannya dengan tujuan untuk mengalahkan pesaing-pesaing Cafe dan mendapatkan profit yang maksimal, maka dari itu pihak pengelola Coffeshop Nyohoka Kopi harus  tahu  kebutuhan  dari  pelanggan – pelanggan  yang   pernah  berkunjung di Cafe tersebut. Sehingga dikemudian hari pihak Cafe dapat meningkatkan pelayanannya sesuai dengan apa yang dibutuhkan pelanggan [2]. Disamping itu muncul permasalahan yang kerap terjadi di Coffeshop Nyohoka Kopi, yaitu masalah dalam persediaan menu makanan atau minuman. Oleh sebab itu Pihak Coffeshop Nyohoka Kopi dituntut untuk mencari solusi dalam pengelolaan produk makanan dan menemukan strategi yang dapat meningkatkan usaha dibidang penjualan terutama harus meningkatkan pelayanan terbaik. Salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah harus meningkatkan pelayanan terbaik. Salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah mencari asosiasi dari menu makanan yang tersedia dengan cara mengikuti pola penjualan tersebut guna untuk mempermudah pengambilan keputusan persediaan bahan baku makanan yang ada di Coffeshop Nyohoka KopiUntuk mengatasi permasalahan dalam tata kelola menu makanan di café tersebut salah satu cara yang dapat ditempuh adalah menggunakan teknik analisis keranjang belanja atau Market Basket Analysis (MBA) yaitu analisis dari kebiasaan membeli konsumen dan algoritma Apriori. Metode Apriori  ini merupakan suatu cara mengukur data kedekatan antar produk  yang disediakan Hasil akhirnya adalah suatu aplikasi Data Mining yang dapat digunakan untuk untuk mengetahui pola penjualan pupuk yang ada pada Nyohoka Kopi dan untuk mengetahui manajemen stok bahan makanan. 

Author Biographies

Christoffel Purba, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Purwadi Purwadi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Fifin Sonata, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

R. Gusrizaldi, E. Komalasari, M. Dan, D. Program e S. Administrasi, “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENJUALAN DI INDRAKO SWALAYAN TELUK KUANTAN,†vol. 2, nº 2, pp. 286-303, 2016.

A. Novri Falahin, L. Isyriyah e F. Eka Purwiantono, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KARYAWAN BERPRESTASI HUGOS CAFE MALANG DENGAN METODE TOPSIS,†Jurnal Teknologi Informasi, vol. 10, nº 2, pp. 79-90, 2019.

Yuli Mardi, “Data Mining : Klasifikasi Menggunakan Algoritma C4.5 Yuli Mardi,†Jurnal Edik Informatika, nº ISSN : 2407-0491.

A. M. Alfannisa Annurullah Fajrin1, “PENERAPAN DATA MINING UNTUK ANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN DENGAN ALGORITMA FPGROWTH PADA DATA TRANSAKSI PENJUALAN SPARE PART MOTOR,†Kumpulan jurnaL Ilmu Komputer (KLIK), vol. 5, nº ISSN: 2406-7857, 2018.

D. Listriani, A. H. Setyaningrum e F. Eka, “PENERAPAN METODE ASOSIASI MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI PADA APLIKASI ANALISA POLA BELANJA KONSUMEN (Studi Kasus Toko Buku Gramedia Bintaro),†vol. 9, nº 2.

H. Kusumo, “Analisis Algoritma Apriori Untuk Mendukung Strategi Promosi Perguruan Tinggi,†Walisongo Journal of Information Technology, vol. 1, nº 1, 2019.

I. P. Astuti, “ALGORITMA APRIORI UNTUK MENEMUKAN HUBUNGAN ANTARA JURUSAN SEKOLAH DENGAN TINGKAT KELULUSAN MAHASISWA,†JURNAL TEKNIK INFORMATIKA, vol. 12, nº 1, 2019.

F. A. Sianturi, “PENERAPAN ALGORITMA APRIORI UNTUK PENENTUAN TINGKAT PESANAN,†Jurnal Mantik Penusa, vol. 2, nº 1, 2018.

Downloads

Published

2020-07-30

Issue

Section

Articles

URN