Sistem Pedukung Keputusan Dalam Penerimaan Karyawan Baru Menggunakan Metode ORESTE Pada Perusahaan Telkom Akses Medan

Authors

  • Amirah Dinah Chaidi STMIK Triguna Dharma
  • Asyahri Hadi Nasyuha STMIK Triguna Dharma
  • Devri Suherdi STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i7.4614

Abstract

Pada sebagian perusahaan, proses penerimaan pegawai baru masih belum dilakukan secara professional. Hal ini terjadi karena tidak ada metode standar yang sistematis untuk menilai kelayakan calon pegawai baru. Seharusnya dalam proses perekrutan karyawan di sebuah perusahaan memilki sistem yang dapat digunakan untuk membantu dan merekomendasikan proses pemilihan karyawan yang tepat untuk bidang pekerjaan yang tepat. Sistem tersebut melakukan pengolahan data (nilai) untuk memilih karyawan. Untuk menentukan seleksi pemilihan karyawan dapat diselesaikan dengan menerapkan suatu ilmu pengambilan keputusan yaitu Sistem Pendukung Keputusan (SPK). SPK dirancang untuk mendukung seluruh tahap pengambilan keputusan mulai dari mengindentifikasi masalah, memilih data, serta menentukan pendekatan yang digunakan dalam proses pengambilan keputusan, sampai mengevaluasi pemilihan. SPK ini menggunakan salah satu metode yaitu Organization Rangement Et Synthese De Donnes Relationnelles (Oreste), merupakan metode yang dibangun untuk menyesuaikan kondisi dari sekumpulan alternatif berdasarkan kriteria, sehingga dapat menyelesaikan permasalahan. Dari sistem yang dirancang dapat dilakukan proses perhitungan terhadap nilai alternatif berdasarkan nilai kriteria, dari proses perhitungan sistem menghasilkan nilai preferensi yaitu nilai akhir dari keputusan yang diurutkan dari nilai terendah ke nilai tertinggi yang disebut perangkingan, sehingga hasil diperoleh adalah nilai tertinggi karyawan baru Telkom Akses.

Author Biographies

Amirah Dinah Chaidi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Asyahri Hadi Nasyuha, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Devri Suherdi, STMIK Triguna Dharma

Tehnik Infromatika

References

M. Susanti, A. Abdullah and D. Nurjannah, "Faculty of Social and Political Sciences," 2019.

A. H. Nasyuha, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Pemberian Pinjaman Modal dengan Metode Multi Attribute Utility Theory,†J. Media Inform. Budidarma, vol. 3, no. 2, p. 117, 2019, doi: 10.30865/mib.v3i2.1093.

M. Susanti, A. Abdullah, U. Halu, O. Kendari, and S. Tenggara, “Analisis Proses Rekrutmen dan Seleksi Calon Karyawan dalam meningkatkan Kinerja Karyawan Pada Hotel Zahra Syariah Kendari,†vol. 4, no. 2, pp. 256–267, 2019.

M. Ferry, ). Dedi, Y. Manalu, ). P. Pangestu,). Maya, A. Tanjung, F. Ekonomi and U. Prima Indonesia, "Influence Of Leadreship Organizational Culture And Competence On Employee Performance Pt. Telkom Access Witel Medan," 2020.

F. A. Sianturi, B. Sinaga, P. M. Hasugian, T. Informatika, and S. Utara, “Fuzzy Multiple Attribute Decision Macking Dengan,†vol. 3, no. 1, pp. 63–68, 2018.

F. L. Sibuea, A. Sapta, S. Informasi, and S. Royal, “Pemetaan Siswa Berprestasi “Menggunakan Metode K-Means Clustering,†vol. IV, no. 1, 2017.

Downloads

Published

2020-07-30

Issue

Section

Articles

URN