Implementasi Fp-Growth Dalama Menganalisa Pola Penjualan Biskuit Pada PT. Unibis
DOI:
https://doi.org/10.53513/jct.v5i2.4608Abstract
PT. UNIBIS merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan biskuit yang menghasilkan banyak transaksi penjualan setiap harinya. Kebanyakan data transaksi penjualan tidak dimanfaatkan kembali, hanya disimpan sebagai arsip dan untuk pembuatan laporan penjualan. PT. UNIBIS tidak memiliki kemampuan untuk menggunakan data tersebut menjadi bahan untuk mengetahui produk yang sering terjual secara bersamaan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan sebuah aplikasi Data Mining yang mampu mengatur pola penjualan biskuit pada PT. UNIBIS dimana setiap data yang diperoleh dari PT. UNIBIS akan dihitung menggunakan algoritma FP-Growth. Hasil dari penelitian adalah sebuah aplikasi datamining yang mengadopsi algoritma FP-Growth serta mampu menjawab permasalahan tekait mengatur pola penjualan biskuit pada PT.UNIBIS.ÂReferences
D. A. Aisyah, "Sistem Informasi Penjualan Berbasis Kinerja pada Proyek Apartemen Mega City Bekasi," Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, vol. 3, pp. 344-352, 2017.
D. Nofriansyah, "Penerapan Data Mining dengan Algoritma Naive Bayes Clasifier untuk Mengetahui Minat Beli Pelanggan terhadap Kartu Internet XL (Studi Kasus di CV. Sumber Utama Telekomunikasi)," Saintikom, vol. 15, pp. 81-92, 2016.
Fitriyani, "Implementasi Algoritma Fpgrowth Menggunakan Association Rule Pada Market Basket Analysis," Informatika, vol. 2, pp. 296-305, 2015.
S. Kurniawan, "Analisis Algoritma FP-Growth Untuk Rekomendasi Produk Pada Data Retail Penjualan Produk Kosmetik (Studi Kasus : MT Shop Kelapa Gading)," SENTIKA, vol. 2, pp. 61-69, 2018.
I. Astrina, "Penerapan Algoritma FP-Growth Dalam Penentuan Pola Pembelian Konsumen Pada Kain Tenun Medali Mas," Matrix, vol. 9, pp. 32-40, 2019.