Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menilai Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Di Lapangan Futsal Ananda Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto

Authors

  • Muhammad Faruq STMIK Triguna Dharma
  • Rico Imanta Ginting STMIK Triguna Dharma
  • Dudi Rahmadiansyah STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i5.4605

Abstract

       Lapangan Futsal Ananda merupakan usaha yang menyediakan fasilitas lapangan futsal dan peralatan futsal. Maka Salah satu usaha yang menawarkan akan jasa yaitu penyewaan lapangan Futsal, usaha jasa selain mengedepankan profesionalisme dalam pelayanan, juga harus mengedepankan kepercayaan, karena dapat dikatakan bahwa usaha ini merupakan usaha yang menjual kepercayaan kepada masyarakat sebagai nasabahnya. Pengusaha futsal ingin menaikan pemesanan dan mengetahui penyebab penurunan dalam pemesanan lapangan futsal tersebut.       Permasalahan tersebut dapat menggunakan sistem pendukung keputusan yang berbasis komputer ini dapat digunakan untuk manajemen pengambilan keputusan yang berhubungan dengan masalah-masalah yang semi terstruktur. Dengan adanya kepuasan pelayanan pelanggan dapat meningkatkan mutu usaha dan kepercayaan pada pelanggan. Implementasi sistem pendukung keputusan telah banyak digunakan dan sudah teruji dalam pengambilan keputusan maupun kebijakan berdasarkan variabel-variabel yang sudah ditentukan dengan menggunakan metode Fuzzy Tsukamoto       Hasil penelitian ini mendapatkan hasil yang maksimal dalam menganalisa dana mendapatkan keputusan menentukan yang akan digunakan tepat dari suatu yang samar Kata Kunci: Futsal, Fuzzy Tsukamoto, Sistem Pendukung Keputusan 

Author Biographies

Muhammad Faruq, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Rico Imanta Ginting, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Dudi Rahmadiansyah, STMIK Triguna Dharma

STMIK Triguna Dharma

References

A., N. Amirm., Kariuddin, "PENELITIAN TENTANG PERKEMBANGAN CABANG OLAHRAGA FUTSAL DI KOTA BANDA ACEH TAHUN 2007-2012," Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, vol. I, no. 1, pp. 38-44, 2016.

A., N. Amirm., Kariuddin, "PENELITIAN TENTANG PERKEMBANGAN CABANG OLAHRAGA FUTSAL DI KOTA BANDA ACEH TAHUN 2007-2012," Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, vol. I, no. 1, pp. 38-44, 2016.

S. Widaningsih, "Analisis Perbandingan Metode Fuzzy Tsukamoto, Mamdani dan Sugeno dalam Pengambilan Keputusan Penentuan Jumlah Distribusi Raskin di Bulog Sub. Divisi Regional (Divre) Cianjur," Jurnal Informatika dan Manajemen STMIK, vol. XI, no. 1, pp. 51-65, 2017.

M. Afif, H. Haryanto, Y. Rahayu and E. Mulyanto, "Prediksi Jumlah Produksi Tas Pada Home Industri Body Star Kudus Menggunakan Fuzzy Tsukamoto," Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA, vol. VII, no. 2, pp. 119-130, 2017.

A.Narlan, D. Juniar, H. Millah, "Pengembangan Instrumen Keterampilan Olahraga Futsal," Jurnal Tekinkom, Vol. III, No. 2, 2017.

K. Wibowo, Kristianto Wibowo, M. Hidayatullah, " Evaluasi Pembinaan Prestasi Olahraga Bola Basket di Kabupaten Magetan," Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, Vol. VII, No. 1, Pp. 9-15, 2017.

Downloads

Published

2020-05-30

Issue

Section

Articles

URN