Penerapan Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Mengatur Persedian Obat Pada Klinik Pratama Amanah Sehati

Authors

  • Dimas Anugrah STMIK Triguna Dharma
  • Nurcahyo Budi Nugroho STMIK Triguna Dharma
  • Tugiono T STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i3.4603

Abstract

   Klinik Pratama amanah sehati adalah klinik menyediakan pelayan kesehatan masyarakat daerah Deli Tua ataupun penjualan obat untuk pasie yang terbatas. Dengan obat terbatas yang digunaka pasien, maka klinik mmengalami kendala dalam kekurangan persediaan obat ataupun tidak ada analisa yang mereka gunakan dalam memprediksi persediaan obat yang habis. Hal tersebut berguna untuk mengantisipasi kekosongan obat. Karena minimnya persediaan obat dapat berpengaruh pada pelayanan konsumen dan bagi Klinik.       Permsalahan tersebut dapat merancang sebuah aplikasi dengan menerapakan keilmuan Data Mining yang berfungsi untuk menganalisa pola persedian obat terbanyak dapat diketahui untuk mengantisipasi kekosonga persedian obat. Data mining untuk penentuan dalam menganalisa pola persedian obat dan algoritma yang cocok digunakan menggunaan  Apriori       Hasil penelitian ini mendapatkan hasil yang maksimal dalam menganalisa pola persedian obat dengan menggunakan algoritma Apriori yang lebih efisien maupun efektif dalam mengetahui stok yang disediakan. Kata Kunci: Apriori, Data Mining, Obat , Persedian

Author Biographies

Dimas Anugrah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Nurcahyo Budi Nugroho, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Tugiono T, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

M. Benri, H. Metisen and S. Latipa, "Analisis Clustering Menggunakan Metode K-Means Dalam Pengelompokkan Penjualan Produk Pada Swalayan Fadhila," 2015.

I. Parlina, A. Perdana Windarto, A. Wanto, M. Lubis, D. Amik Tunas Bangsa Pematangsiantar and D. A. STIKOM Tunas Bangsa JlJendral Sudirman Blok No, "Memanfaatkan Algoritma K-Means Dalam Menentukan Pegawai Yang Layak Mengikuti Asessment Center Untuk Clustering Program SDP," 2018.

K. Fanny Irnanda, A. Perdana Windarto, I. Sudahri Damanik and I. Gunawan, Seminar Nasional Sains & Teknologi Informasi (SENSASI) Penerapan K-Means pada Proporsi Individu dengan Keterampilan (Teknologi Informasi dan Komunikasi) TIK Menurut Wilayah, 2019.

Alfannisa Annurullah Fajrin and Algifanri Maulana, "Penerapan Data Mining Untuk Analisis Pola Pembelian Konsumen Dengan Algoritma Fpgrowth Pada Data Transaksi Penjualan Spare Part Motor," Kumpulan jurnaL Ilmu Komputer (KLIK), vol. Volume 05, 2018

Joko Suntoro, Data Mining: Algoritma Dan Implementasi Dengan Pemrograman, Elex Media Komputindo, 2019, p. 192.

Y. Darmi, A. Setiawan, J. Bali, K. Kampung Bali, K. Teluk Segara and K. Bengkulu, "Penerapan Metode Clustering K-Means Dalam Pengelompokan Penjualan Produk," 2016.

Downloads

Published

2019-03-30

Issue

Section

Articles

URN