Selection System Untuk Menentukan Tenaga Ahli Bidang Jasa Pengurusan Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH) Menggunakan Metode Vise Kriterijumska Optimizacija I Kompromisno Resenje (VIKOR) Pada CV. Asmanur Jaya Radhina

Authors

  • Helfi Nopira Rosa Nasution STMIK Triguna Dharma
  • Hafizah H STMIK Triguna Dharma
  • Elfitriani E STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i7.460

Abstract

CV. Asmanur Jaya Radhina sering sekali memiliki kendala dalam penyeleksian Tenaga Ahli bidang jasa pengurusan Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH), diantaranya adalah jumlah pelamar kerja yang cukup banyak. Sehingga pihak perusahaan kesulitan dalam menentukan Tenaga Ahli yang mempunyai kemampuan atau kompetensi dibidang jasa pengurusan IPPKH. Manualnya proses penyeleksian yaitu melakukan pengujian dari setiap pelamar dengan cara praktik dalam menggunaan alat yang disesuaikan dengan kriteria masing masing yang telah ditentukan oleh perusahaan. Setelah melakukan pengujian lalu akan mendapatkan nilai dari setiap kriteria. Kemudian nilainya akan diproses satu persatu menggunakan Ms.Excel untuk dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan, sehingga membutuhkan waktu yang lama dan proses yang panjang dalam kegiatan seleksi calon Tenaga Ahli.Sistem Pendukung Keputusan adalah bagian dari sistem informasi berbasis komputer untuk mendukung pengambilan keputusan. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam pemecahan masalah pada CV. Asmanur Jaya Radhina terkait menentukan Tenaga Ahli bidang Jasa Pengurusan IPPKH adalah Metode Vise Kriterijumska Optimizacija I Kompromisno Resenje (VIKOR). Penelitian ini bertujuan untuk mempermudah Pegawai SDM dalam penentuan tenaga ahli bidang jasa pengurusan IPPKH.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya metode VIKOR ini maka dihasilkan keputusan lulus atau tidak lulusnya tenaga ahli berdasarkan perhitungan dari kriteria - kriteria yang sudah ditentukan dan telah disempurnakan ke dalam sebuah aplikasi. Dari aplikasi ini diharapkan membantu pegawai SDM dalam mengambil keputusan.

References

Bahrin, “Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerimaan Tenaga Kontrak Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Pada Kantor Satpol PP Kabupaten Puhowato,†vol. 8, no. Agustus, pp. 82–88, 2016.

A. Harahap, M. Mesran, S. Ramadhan, and F. T. Waruwu, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Tenaga Ahli Pada Dinas Kominfo Kabupaten Deli Serdang Menerapkan Metode Vikor,†KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. 2, no. 1, pp. 397–402, 2018.

M. Sianturi, S. Wulan, Suginam, Rohminatin, and Mesran, “Implementasi Metode VIKOR Untuk Menentukan Bahan Kulit Terbaik Dalam Pembuatan Ikat Pinggang,†J. Ris. Komput., vol. 5, no. 1, pp. 56–60, 2018.

K. Umam, V. E. Sulastri, D. U. Sutiksno, and Mesran, “Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Produk Unggulan Daerah Menggunakan Metode VIKOR,†J. Ris. Komput., vol. 5, no. 1, pp. 43–49, 2018.

T. F. M. Paksi, Suteki, and T. W. Setiawati, “Rekonstruksi Kebijakan Publik Tentang Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan Yang Berbasis Sustainable Development,†DIPONEGORO LAW J., vol. 6, no. 41, pp. 1–21, 2017.

D. Nofriansyah and S. Defit, Multi Criteria Decision Making (MCDM) pada Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Deepublish, 2017.

N. Rofiqo, A. P. Windarto, and A. Wanto, “Penerapan Metode VIKOR Pada Faktor Penyebab Rendahnya Minat Mahasiswa Dalam Menulis Artikel Ilmiah,†Semin. Nas. Sains Teknol. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 228–237, 2018.

M. A. Rasyid, E. Sulistianingsih, and N. Imro’ah, “Analisa Peringkat Website Perguruan Tinggi Negeri di Kalimantan Dengan Metode VIKOR,†vol. 08, no. 3, pp. 453–462, 2019.

Downloads

Published

2019-07-30

Issue

Section

Articles

URN