Implementasi Data Mining Untuk Pengelompokan Kualitas Kelapa Sawit Pada PKS PT. Murini Sam-Sam Desa Pangkalan Libut Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis Riau Dengan Metode Algoritma K-Means Clustering

Penulis

  • Hayati Nainggolan STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Syahril
  • Sobirin Sobirin STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i1.4594

Abstrak

PT. Murini Sam-Sam Desa Pangkalan Libut  merupakan pabrik kelapa sawit  dimana setiap harinya  memproduksi buah kelapa sawit yang banyak, sehingga perusahaan ini mempunyai banyak data pengelompokan yang dihasilkan untuk mendapatkan data-data yang seharusnya mengembangkan kualitas minyak kelapa yang terbaik. Konsumen  yang tertarik kualitas sawit berdasarkan mutu CPO (Crude Palm Oil), PK (Palm Kernel), dan oil loss to FBB (Fresh Fruit Bunch). Sudah sangat banyak dan data tersebut  seharusnya digunakan sebagai bahan untuk dikelompokan berdasarkan tiga kategori sangan berkualitas, berkualitas dan tidak berkualitas Pangkalan Libut.    Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan sebuah aplikasi Data Mining yang mampu dan mendapatkan beberapa informasi penting dari suatu data dalam menganalisa pengelompokkan kualitas sawit dan menganalisa kualitasi kelapa sawit dan digunakan untuk pembentukan cluster adalah algoritma K-Means.                Hasil penelitian ini diterapkannya dapat dikelompokan kedalam satu cluster dan memiliki karakteristik yang berbeda lalu dikelompokan dalam cluster lain, yang memiliki karakteristik sama. Kata Kunci: Data Mining, K-Means, Sawit

Biografi Penulis

Hayati Nainggolan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Muhammad Syahril

Sistem Informasi

Sobirin Sobirin, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Referensi

I. Indriastuti, F. Santi Wahyuni and F. Ariwibisono, "Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Pupuk Pada Tanaman Padi Di Jawa Timur Menggunakan Metode Technique For Order Preference By Similarity Of Ideal Solution (TOPSIS) DAN WEIGHT PRODUCT (WP) BERBASIS WEB," 2021.

J. and R. Nazli, "Penerapan Metode Mamdani Untuk Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Golongan Obat Sesuai Dengan Penyakit Diabetes," JURNAL TEKNOLOGI DAN OPEN SOURCE, vol. I, no. 2, pp. 67 - 74, 2018.

Y. Perwira, "Penentuan Peringkat Pelanggan Terbaik Dengan Metode Weighted Product (Studi Kasus Pt.Asia Raya Foundry)," Jurnal Matik Penusa, vol. III, no. 1, pp. 138-147, 2019.

C. Budihartanti, Y. N. Dewi, I. Purnamasari, P. Studi, S. Informasi, S. Tinggi,

M. Informatika, D. Komputer and N. Mandiri, "JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh)".

W.Yahyan, M.Siregar, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Bibit Benih Padi Unggul Berbasis Webmenggunakan Metode AHP (Analytical Hierarchy Process)," MENARA Ilmu, vol. XIII, no. 11, pp. 61-68, 2019.

E. N. A. Hidayah and E. Fetrina, "Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Jabatan Pegawai Dengan Metode Profile Matching," Jurnal Sistem Informasi, vol. X, no. 2, pp. 127-134, 2017.

Diterbitkan

2021-01-25

Terbitan

Bagian

Articles

URN