Penerapan Data Mining Untuk Menganalisis Pengelompokan Pembelian Konsumen Menggunakan Algoritma K-MEANS CLUSTERING

Authors

  • Cristi Girsang STMIK Triguna Dharma
  • Marsono Marsono STMIK Triguna Dharma
  • Zaimah Panjaitan STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i7.4593

Abstract

Clinic Distro merupakan perusahaan yang bergerak dibidang penjualan kebutuhan jasmani yang ada di Tanjung Morawa. Sampai saat ini Clinic Distro belum mempunyai sistem yang berbasis teknologi informasi yang digunakan sebagai sarana operasional perusahaan. Dengan banyaknya pelanggan dan data transaksi yang manual, perusahaan kesulitan dalam mendefinisikan karakteristik pelanggannya. Sehingga dibuatlah program Customer Relationship Management (CRM) dengan analisis segmentasi pelanggan berdasarkan RFM (Recency, Frequency, Monetary) menggunakan metode clustering dengan algoritma K-means. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini tahapannya dimulai dari pengumpulan data. studi pendahuluan, pembuatan program, dan yang terakhir adalah pengujian cluster. Segmentasi pelanggan dengan metode clustering menghasilkan 3 cluster.

Author Biographies

Cristi Girsang, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Marsono Marsono, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Zaimah Panjaitan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Zubi Mahrofi, “No Title,†Antaranews.com, 2019. https://www.antaranews.com/berita/1159256/mendag-industri-ritel-miliki-peran-penting-dalam-pertumbuhan-ekonomi.

Verasius Albert, “No Title,†Binus University, 2019. https://binus.ac.id/malang/2019/01/penerapan-penerapan-data-mining-seri-data-mining-for-business-intelligence-4/.

P. Bidang, K. Sains, Y. Mardi, J. Gajah, M. No, and S. Barat, “Jurnal Edik Informatika Data Mining : Klasifikasi Menggunakan Algoritma C4 . 5 Data mining merupakan bagian dari tahapan proses Knowledge Discovery in Database ( KDD ) . Jurnal Edik Informatika.â€

C. Informasi, “Informasi,†2014.

S. Elemen and R. Pranala, “Sistem,†pp. 1–3.

hendini dan andi, “Pemodelan UML Sistem Informasi Monitoring Penjualan Stok Barang,†J. Khatulistiwa Inform., vol. 5, pp. 107–116, 2016.

M. G. Sadewo, A. P. Windarto, and D. Hartama, “Penerapan Datamining Pada Populasi Daging Ayam Ras Pedaging Di Indonesia Berdasarkan Provinsi Menggunakan K-Means Clustering,†InfoTekJar (Jurnal Nas. Inform. dan Teknol. Jaringan), vol. 2, no. 1, pp. 60–67, 2017, doi: 10.30743/infotekjar.v2i1.164.

M. A. W. K. MURTI, “Penerapan Metode K-Means Clustering Untuk Mengelompokan Potensi Produksi Buah – Buahan Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta,†Skripsi, 2017.

S. Handoko, E. Tri, and E. Handayani, “IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK MENENTUKAN TINGKAT PENJUALAN PAKET DATA TELKOMSEL MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING,†vol. 25, no. 1.

F. L. Sibuea, A. Sapta, S. Informasi, and S. Royal, “PEMETAAN SISWA BERPRESTASI MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING,†vol. IV, no. 1, 2017.

J. Tech and A. K-means, “Analisis Data Mining Pada Strategi Penjualan Produk PT Aquasolve Sanaria Dengan Menggunakan Metode K-Means Clustering,†vol. 2, no. 1, pp. 32–41, 2019.

Y. Syahra, “Penerapan Data Mining Dalam Pengelompokkan Data Nilai Siswa Untuk Penentuan Jurusan Siswa Pada SMA Tamora Menggunakan Algoritma

Downloads

Published

2020-07-30

Issue

Section

Articles

URN