Penerapan Data Mining Untuk Menentukan Pola Kombinasi Produk yang Dapat Diberikan Diskon pada PT. Home Center Indonesia (INFORMA) Menggunakan Algoritma Apriori

Authors

  • Nahdah Salsabiil Damanik STMIK Triguna Dharma
  • Kamil Erwansyah STMIK Triguna Dharma
  • Jufri Halim STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i12.459

Abstract

Persaingan antar perusahaan retail yang sangat ketat serta menurunnya omset penjualan membuat PT. Home Center Indonesia perlu membuat strategi khusus untuk meningkatkan omset perusahaan agar tetap bisa bersaing di dunia retail. PT. Home Center Indonesia adalah perusahaan retail perabot import terbesar dan terlengkap di Indonesia yang cabangnya tersebar di kota-kota besar yang ada di Indonesia, seperti Jakarta, Medan, Makassar, Bandung, dan kota besar lainnya.. Salah satu strategi yang sangat tepat dilakukan untuk meningatkan omset serta minat beli konsumen adalah pemberian diskon terhadap produk di PT. Home Center Indonesia. Dalam penentuan pemberian diskon pada produk bukan semudah yang diperkirakan, karena membutuhkan perhitungan yang teliti dan melalui tahapan-tahapan Oleh karena itu dibuatlah suatu sistem penentuan produk yang di diskon ini dengan mengimplementasikan data mining. Dari uraian tersebut maka penelitian ini diangkat dengan judul “Penerapan Data Mining dalam Penentuan Pola Kombinasi Barang yang Dapat Diberikan Diskon pada PT. Home Center Indonesia (INFORMA) Menggunakan Algoritma Aprioriâ€. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan suatu sistem berbasis komputer yang dapat mempermudah perusahaan utnuk dapat mengetahui pola kombinasi barang yang dapat diberikan diskon yang tepat yang dapat membantu PT. Home Center Indonesia dalam meningkatkan omset penjualan. Hasil permasalahan tersebut adalah berupa aplikasi pengimplementasian Data Mining dengan menggunakan Algoritma Apriori yang nantinya dapat membantu PT. Home Center Indonesia dalam mengetahui pola kombinasi produk yang dapat diberikan diskon dan menghasilkan kesimpulan yang bermanfaat.

References

J. L. Putra, M. Raharjo, T. A. A. Sandi, R. Ridwan, and R. Prasetyo, “Implementasi Algoritma Apriori Terhadap Data Penjualan Pada Perusahaan Retail,†J. Pilar Nusa Mandiri, vol. 15, no. 1, pp. 85–90, 2019.

Y. Silalahi and T. Zebua, “Penerapan The Extended Promethee II ( Exprom II ) Untuk Penentuan Produk Diskon,†vol. I, no. Exprom Ii, 2017.

I. Djamaludin and A. Nursikuwagus, “Analisis Pola Pembelian Konsumen Pada Transaksi Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori,†Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 2, p. 671, 2017.

S. Yakub, A. F. Boy, I. Mariami, and B. Widjanarko, “Penerapan Data Mining Pengaturan Pola Tata Letak Barang Pada Berkah Swalayan Untuk Strategi Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori,†InfoTekJar J. Nas. Inform. dan Teknol. Jar., vol. 3, no. 2, pp. 69–75, 2019.

I. Damayanti, P. D. Kusuma, and Rumani, “Modul Pemberian Diskon Pada Sistem Ticketing Kereta Api Berbasis Cloud,†e-Proceeding Eng., vol. 5, no. 3, pp. 6227–6235, 2018.

A. M. Siregar and A. Puspabhuana, Data Mining: Pengolahan Data Menjadi Informasi dengan RapidMiner. CV Kekata Group, 2017.

N. Adha, L. T. Sianturi, and E. R. Siagian, “Implementasi Data Mining Penjualan Sabun Dengan Menggunakan Metode Apriori ( Studi Kasus : PT. Unilever),†Maj. Ilm. INTI, vol. 12, no. 2, pp. 219–223, 2017.

H. Widayu, S. Darma, N. Silalahi, and Mesran, “Data Mining Untuk Memprediksi Jenis Transaksi Nasabah Pada Koperasi Simpan Pinjam Dengan Algoritma C4.5,†Issn 2548-8368, vol. Vol 1, No, no. June, p. 7, 2017.

P. Sari and B. Sinaga, “Aplikasi Data Mining Dengan Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Penjualan Produk Terbesar Pada Cv. Sakura Photo,†E-Jurnal.Pelitanusantara.Ac.Id, vol. 22, no. 1, pp. 34–38, 2018.

R. Yanto and H. Di Kesuma, “Pemanfaatan Data Mining Untuk Penempatan Buku Di Perpustakaan Menggunakan Metode Association Rule,†JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 4, no. 1, pp. 1–10, 2017.

Downloads

Published

2022-07-22

URN