Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menetukan Siswa Terbaik Di SMP Negeri 1 Biru-Biru

Authors

  • Siska Leorenza Tarigan STMIK Triguna Dharma
  • Ishak Ishak STMIK Triguna Dharma
  • Elfitriani Elfitriani STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i6.4588

Abstract

Pemilihan siswa terbaik diperlukan pihak sekolah untuk kepentingan eksternal, seperti pemberian data siswa terbaik kepada Dinas Pendidikan Kota maupun Provinsi. Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Biru-Biru mendapat kewenangan untuk memilih siswa terbaik. Pihak sekolah telah berencana untuk beralih ke sistem pemilihan siswa terbaik yang mengacu pada Panduan Penilaian Prestasi Siswa yang telah dibuat dan ditunjang dengan penilaian akademik siswa, dengan harapan agar hasil yang diperoleh lebih objektif. Namun, sistem baru tersebut belum diimplementasikan oleh pihak sekolah karena masih terdapat keterbatasan, yaitu data siswa yang diolah cukup banyak dan belum adanya sistem informasi yang mendukung. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan yang mampu menentukan siswa terbaik dengan metode Preference VIKOR. Aplikasi yang dibuat tersebut mampu mengukur nilai siswa berdasarkan kriteria yang ditentukan. Pengukuran yang dilakukan dengan menerapkan metode VIKOR dapat menghasilkan perangkingan yang akurat, sehingga bisa lebih cepat dalam mengambil keputusan dalam menentukan siswa terbaik.

Author Biographies

Siska Leorenza Tarigan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ishak Ishak, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Elfitriani Elfitriani, STMIK Triguna Dharma

S1 Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

References

A. Yusuf Wahyudi, Suwarni, “1 , 2 , 3,†vol. 9, no. 1, 2013.

T. Noviyanti, “Sistem Penunjang Keputusan Dalam Penerimaan Beasiswa Ppa Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process (Ahp) (Studi Kasus: Universitas Gunadarma),†J. Ilm. Teknol. dan Rekayasa, vol. 24, no. 1, pp. 35–45, 2019, doi: 10.35760/tr.2019.v24i1.1932.

K. Ulfa, D. P. Utomo, and I. R. Nasution, “Penerapan Metode VlseKriterijumska Optimizacija I Kompromisno Resenje ( VIKOR ) dalam Pemilihan Air Conditioner Terbaik,†vol. 6341, no. April, pp. 24–35, 2020.

H. Febistian, D. Andreswari, and A. Erlansari, “Implementasi Metode MCDM dalam Pemilihan Kantor Urusan Agama (KUA) Teladan dengan Menggunakan Promethee (Studi Kasus: Kementerian Agama Kepahiang),†J. Rekrusif, vol. 3, no. 2, pp. 196–207, 2015.

R. P. Pratama, I. Werdiningsih, and I. Puspitasari, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Berprestasi di Sekolah Menengah Pertama dengan Metode VIKOR dan TOPSIS,†vol. 3, no. 2, 2017.

Downloads

Published

2020-06-29

Issue

Section

Articles

URN