Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Kelayakan Lokasi Kandang Ayam Broiler Menggunakan Metode Weighted Product (Studi Kasus PT. Indojaya Agrinusa)

Authors

  • Ahmad Rifani STMIK Triguna Dharma
  • Ishak Ishak STMIK Triguna Dharma
  • Sri Murniyanti STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i7.4584

Abstract

Kelayakan lokasi kandang ayam broiler merupakan kebutuhan yang penting bagi para peternak. Jika kondisi lokasi kandang yang digunakan memiliki kelayakan yang baik, maka akan menghasilkan ayam broiler dengan kualitas baik. Ayam broiler yang berkualitas baik dapat dicapai apabila para peternak memenuhi poin penting dalam beternak ayam broiler. Saat ini penentuan kelayakan kandang ayam broiler yang dilakukan oleh petugas penyuluh lapangan (PPL) perusahaan tersebut masih menggunakan cara cepat yaitu sistem tunjuk dan prediksi serta belum menggunakan perhitungan berdasarkan kriteria atau indikator penentu. Para petugas masih harus mendatangi lokasi kandang dan mencatat data tentang lokasi kandang tersebut secara manual.Agar mempermudah dalam proses menentukan kelayakan lokasi kandang ayam broiler, maka di buatlah sebuah  sistem  yang akan menentukan kelayakan lokasi kandang ayam broiler dengan komputerisasi yang bertujuan menghasilkan keputusan yang cepat dan tepat serta mempermudah pihak perusahaan dalam menentukan kelayakan lokasi kandang ayam broiler secara akurat dengan menggunakan Decision Support System atau Sistem Pendukung Keputusan yang mengadopsi metode Weighted Product Sebagai metode komputasi.Hasil dari penelitian ini adalah terciptanya sebuah sistem yang dapat melakukan perhitungan penilaian lokasi kandang ayam secara cepat dan akurat yang menghasilkan sebuah keputusan dalam bentuk perangkingan berdasarkan nilai prioritas tertinggi sehingga dapat membantu pihak PT. Indojaya Agrinusa terkait masalah menentukan kelayakan lokasi kandang ayam broiler.

Author Biographies

Ahmad Rifani, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ishak Ishak, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Sri Murniyanti, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

R. E. Putri and R. R. Putra, “Perancangan Aplikasi Rekam Medis Menggunakan Bahasa Pemograman VB.Net 2010,†J. Tek. dan Inform., vol. 5, no. 2, pp. 49–55, 2018.

T. Salam, M. Muis, and A. E. N. Rumengan, “Analisis Finansial Usaha Peternakan Ayam Broiler Pola Kemitraan,†J. Agrisistem, vol. 2, no. 1, pp. 32–39, 2006.

V. Listyaningsih, H. Setiawan, E. Sudrajat, and R. P. Kristianto, “Dss Pemilihan Penerima Bantuan Perbaikan Rumah Dengan Metode Weighted Product,†Semnasteknomedia Online, vol. 5, no. 1, pp. 6–7, 2016, [Online]. Available: https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/1668.

V. Amalia, D. Syamsuar, and L. Atika, “Komparasi Metode Wp Saw Dan Waspas Dalam Penentuan Penerima Beasiswa Pmdk,†J. Bina Komput., vol. 1, no. 2, pp. 122–132, 2019, doi: 10.33557/binakomputer.v1i2.452.

Downloads

Published

2020-07-30

Issue

Section

Articles

URN