Implementasi Metode Preference Ranking Organization Method For Enrichment Evaluation (PROMETHEE) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Pemasok Material Pengaspalan Pada Proyek Konstruksi Pembuatan Jalan (Studi Kasus: PT. Naufal Indo Raya)

Authors

  • Ananda Putri Istiqomah STMIK Triguna Dharma
  • Badrul Anwar STMIK Triguna Dharma
  • Yohanni Syahra STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i7.4580

Abstract

Dalam dunia jasa konstruksi pengadaan bahan baku seringkali berhadapan dengan masalah menentukan pemasok yang benar-benar bisa diandalkan perusahaan. Beberapa faktor yang mendorong kelancaran proses pendaan bahan baku antara lain adalah keberadaan pemasok itu sendiri. Hal ini berkaitan dengan fungsi pemasok sebagai pemasok barang yang sering tidak sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan disebabkan oleh keterlambatan waktu pengiriman, kualitas barang yang dikirim tidak sesuai dengan permintaan dan tidak menututp kemungkinan pemasok tidak dapat menyediakan barang yang diminta oleh perusahaan. Hal ini membuat perusahaan mengalami kesulitan dalam menentukan pemasok yang tepat. Keputusan untuk menentukan pemasok bukanlah sebuah hal yang mudah, pada kenyataannya banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam menentukan pemasok. Untuk mengatasi permasalahan yang terjadi dapat menggunKn Sistem Pendukung Keputusan.  Didalam sistem pendukung keputusan terdapat banyak metode yang bisa digunakan dalam menyelesaikan suatu masalah dalam pengambilan keputusan, salah satunya menguunakan metode Preference Ranking Organization Method For Enrichment Evaluation (PROMETHEE) untuk melakukan penilaian terhadap permasalahan-permasalahan multikriteria dan mampu menghasilkan sebuah perhitungan yang fleksibel dan sederhana kepada pengambil keputusan. Hasil penelitian ini untuk menentukan pemasok menggunakan Sistem Pendukung Keputusan dengan menggunakan metode Promethee dan sudah menghasilkan keputusan yang tepat dan sesuai yang diinginkan oleh perusahaan.

Author Biographies

Ananda Putri Istiqomah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Badrul Anwar, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Yohanni Syahra, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

D.Ely Kurniawan and Pujiyono, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pemasok Bahan Baku Menggunakan Metode Technique For Order Preference by Similarity to Ideal Solution," Jurnal Integrasi, Vol.8, No.1, April 2016, pp. 56-60.

Gafarudin, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PREDIKSI TENAGA KERJA DENGAN PENDEKATAN METODE TREND MOMENT DI JAWA TIMUR," Pelita Informatika, Vol.6, No.1, Juli 2007, pp. 125-128.

S. Dharwiyanti and R. Satria Wahono, "Pengantar Unified Modelling Language(UML)," Kuliah Umum Ilmu Komputer, 2003, pp. 1-13.

S.Pami, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KARYAWAN TERBAIK DENGAN METODE PROMETHEE (STUDI KASUS : PT. KARYA ABADI MANDIRI)," Pelita Informatika, Vol.6, No.1, Juli 2007, pp. 125-128.

I.Pratiwi, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN RUMAH TERBAIK UNTUK PEMBUATAN TAMAN DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)," Pelita Informatika Budi Darma, Vol.1X, No.3, April 2015, pp. 38-45.

Downloads

Published

2020-07-30

Issue

Section

Articles

URN