Decision Support System dalam Menentukan Penempatan Personel Polri untuk Pengamanan Bandara KNIA pada Direktorat Pamobvit Polda Sumut Menggunakan Algoritma Weight Product

Authors

  • Veny Br Nainggolan STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Dicky Nofriansyah STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Asyahri Hadi Nasyuha STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i5.458

Abstract

Bandara atau Bandar Udara yang juga populer disebut dengan istilah airport merupakan salah satu objek vital di suatu negara khususnya dalam penanganan transportasi udara. Bandara selama ini mengalami permasalahan dalam keamanan bandara yang melibatkan anggota polri sebagai anggota pengamanan. Kasubag Pamobvit polda dalam menentukan personel polri untuk penanganan keamanan bandara yang masih menggunakan cara manual yang dapat menyebabkan kesalahan pada  saat menyeleksi personel polri sebagai pengamanan bandara.Dari permasalahan yang terjadi, dengan menggunakan sistem pendukung keputusan dapat membantu dalam penyelesaian masalah dengan menggunakan Metode Weight Product untuk menentukan penempatan personel polri dalam penjagaan pengamanan di bandara KNIA dengan memanfaatkan sebuah sistem informasi yang mengadopsi sistem pendukung keputusan.Hasil dari penelitian ini sebuah aplikasi berbasis destop yang mengimplementasikan metode Weight Product untuk menghasilkan keputusan dalam menentukan personel polri dalam pengamanan bandara.

References

A. H. Abdul, “Kepolisian Negara Republik Indonesia,†2015. [Online]. Available: https://www.wikiapbn.org/kepolisian-negara-republik-indonesia/.

M. Handayani, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerimaan Raskin Di Menggunakan Metode Topsis,†J. Teknol. Inf., vol. 1, no. 1, p. 54, 2017.

A. H. Nasyuha, H. Winata, and Marsono, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentuka Kelayakan Penerima Bantuan Siswa Miskin ( BSM ) Pada SD Negeri 8 Bintang Menggunakan Metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution ( TOPSIS ),†J. Sains dan Komput., vol. 17, no. 2, pp. 198–205, 2018.

R. K. Niswatin, “Sistem Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Menggunakan Metode Weighted Product ( Wp ),†Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed. 2016, pp. 31–36, 2016.

O. Fajarianto, M. Iqbal, and J. T. Cahya, “Sistem Penunjang Keputusan Seleksi Penerimaan Karyawan Dengan Metode Weighted Product,†vol. 7, no. 1, pp. 49–55, 2017.

R. A. S. M.Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. 2018.

Downloads

Published

2022-07-18

URN