Implementasi Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Kelayakan Penerima Dana PNPM Pinjaman Modal Usaha Di Kecamatan Parmonangan Menggunakan Metode MOORA

Authors

  • Andre R Nainggolan STMIK Triguna Dharma
  • Hendryan Winata STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Zunaidi STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i7.4574

Abstract

PNPM Mandiri merupakan program nasional dalam wujud kerangka kebijakan sebagai dasar dan acuan pelaksanaan program-program penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat. PNPM Mandiri dilaksanakan melalui harmonisasi dan pengembangan sistem serta mekanisme dan prosedur program, penyediaan pendampingan dan pendanaan stimulan untuk mendorong prakarsa dan inovasi masyarakat dalam upaya penanggulangan kemiskinan yang berkelanjutan.Tujuan penelitian adalah untuk membantu menganalisis dan merancang suatu sistem pendukung keputusan yang dapat membantu pengambilan keputusan terhadap kendala dalam menentukan calon penerima bantuan menentukan penerima bantuan program (PNPM) Dalam Menentukan Kelayakan Penerima Dana (PNPM) Pinjaman Modal Usaha tepat guna.Kendala yang dihadapi ialah dalam menentukan layak atau tidaknya mendapatkan kelayakan penerima bantuan teknologi tepat guna. Untuk mengatasi  kendala dalam menentukan kelayakan penerima bantuan teknologi tepat guna maka, dapat diselesaikan dengan menggunakan Sistem pendukung Keputusan (SPK) salah satunya metode (MOORA).              Hasil dari sistem informasi yang dibuat diharapkan dapat memudahkan  pemerintah setempat dalam Menentukan calon Kelayakan Penerima Dana PNPM Pinjaman Modal Usaha Di Kecamatan Parmonangan tepat guna dikarenakan sistem yang terkomputernisasi dan efisien Sehingga kendala yang dihadapi telah teratasi pada program (PNPM) di kecamatan parmonangan.

Author Biographies

Andre R Nainggolan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Hendryan Winata, STMIK Triguna Dharma

Teknik Komputer

Muhammad Zunaidi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

W. Risnawan, “Pengentasan Kemiskinan Melalui PNPM Mandiri Pedesaan (Studi Kasus di Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis),†J. Ilmu Adm. Negara, no. 2, hal. 29–38, 2018.

A. Putri dan C. Budihartanti, “KOMPARASI METODE SAW DAN MOORA DALAM PEMILIHAN JURUSAN PADA SMAN 108 JAKARTA,†vol. 4, no. 2, hal. 36–49, 2020.

M. A. Hasmi, M. Mesran, dan B. Nadeak, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Instruktur Fitness Menerapkan Metode Additive Ratio Assessment (Aras) (Studi Kasus : Vizta Gym Medan),†KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. 2, no. 1, hal. 121–129, 2018, doi: 10.30865/komik.v2i1.918.

E. L. Amalia, K. S. Batubulan, dan P. B. Setiaji, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Objek Wisata Unggulan Menggunakan Metode MOORA,†J. Inform. Polinema, vol. 6, no. 3, hal. 23–28, 2020.

R. Ishak, “Jurnal Ilmiah ILKOM Volume 8 Nomor 3 ( Desember 2016 ) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PENYULUH LAPANGAN KELUARGA Copyright © 2016 -- Jurnal Ilmiah ILKOM -- All rights reserved . Jurnal Ilmiah ILKOM Volume 8 Nomor 3 ( Desember 2016 ),†vol. 8, no. Desember, hal. 160–166, 2016.

Downloads

Published

2021-07-30

Issue

Section

Articles

URN