IMPLEMENTASI ALGORITMA RSA UNTUK PENGAMANAN DATA MOA PADA PT. BUNGKUS TEKNOLOGI INDONESIA

Authors

  • Rianto Pangihutan Pangaribuan STMIK Triguna Dharma
  • Azanuddin Azanuddin STMIK Triguna Dharma
  • Ita Mariami STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i7.457

Abstract

Secara yuridis kerjasama dikenal dengan istilah Nota Kesepahaman (dalam bahasa hukum disebut MoU) dan Perjanjian (dalam bahasa hukum disebut MoA). Terdapat beberapa perusahaan maupun instansi pemerintahan yang sudah menjalin kerjasama (MoU) dan sampai dalam kesepakatan (MoA) dengan PT. Bungkus Teknologi Indonesia. Setelah melakukan kesepakatan, PT. Bungkus Teknologi Indonesia menyimpan surat perjanjian tersebut menjadi arsip elektronik atau disebut juga dengan dokumen digital. Dokumen digital ini bersifat rahasia dan hanya dapat di kelola oleh Direktur dari PT. Bungkus Teknologi Indonesia. Namun dokumen digital tersebut belum disertai dengan sistem keamanan, sehingga dikhawatirkan akan terjadi manipulasi data yang dilakukan oleh orang yang tidak berwenang dan bertanggung jawab atas dokumen tersebut.Untuk membantu PT. Bungkus Teknologi Indonesia dalam mengamankann data digital MoA dapat dilakukan dengan membuat sebuah sistem security dengan algoritma RSA.Dengan berhasilnya dibangunnya sistem security untuk mengamankan data digital ini, PT. Bungkus Teknologi Indonesia sangat terbantu dalam menjaga keamanan data MoA tanpa perlu khawatir terjadinya manipulasi data oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.Secara yuridis kerjasama dikenal dengan istilah Nota Kesepahaman (dalam bahasa hukum disebut MoU) dan Perjanjian (dalam bahasa hukum disebut MoA). Terdapat beberapa perusahaan maupun instansi pemerintahan yang sudah menjalin kerjasama (MoU) dan sampai dalam kesepakatan (MoA) dengan PT. Bungkus Teknologi Indonesia. Setelah melakukan kesepakatan, PT. Bungkus Teknologi Indonesia menyimpan surat perjanjian tersebut menjadi arsip elektronik atau disebut juga dengan dokumen digital. Dokumen digital ini bersifat rahasia dan hanya dapat di kelola oleh Direktur dari PT. Bungkus Teknologi Indonesia. Namun dokumen digital tersebut belum disertai dengan sistem keamanan, sehingga dikhawatirkan akan terjadi manipulasi data yang dilakukan oleh orang yang tidak berwenang dan bertanggung jawab atas dokumen tersebut.Untuk membantu PT. Bungkus Teknologi Indonesia dalam mengamankann data digital MoA dapat dilakukan dengan membuat sebuah sistem security dengan algoritma RSA.Dengan berhasilnya dibangunnya sistem security untuk mengamankan data digital ini, PT. Bungkus Teknologi Indonesia sangat terbantu dalam menjaga keamanan data MoA tanpa perlu khawatir terjadinya manipulasi data oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

References

A. Society, I. Law, A. Society, I. Law, T. A. Journal, And I. Law, “International Agreements : Recent U . S . -Uk Practice Concerning The Memorandum Of Understanding Author ( S ): John H . Mcneill Source : The American Journal Of International Law , Vol . 88 , No . 4 ( Oct ., 1994 ), Pp . 821-826,†Vol. 88, No. 4, Pp. 821–826, 2015.

G. N. Pratama, “Kekuatan Hukum Memorandum Of Understanding ( Mou ) Dalam Hukum Perjanjian Di Indonesia,†Vol. 2, Pp. 424–441.

A. Shofian And M. Anif, “Aplikasi Kriptografi Video Menggunakan Algoritma C-54,†Vol. 7, Pp. 53–58, 2015.

D. P. Pahrizal, “Implementasi Algoritma,†Vol. Iii, Pp. 44–49, 2016.

R. Munir, Kriptografi, 2nd Ed. Informatika Bandung, 2019.

Downloads

Additional Files

Published

2019-07-30

Issue

Section

Articles

URN