Sistem Pakar Mendeteksi Kerusakan Pada Mesin Laundry Electrolux Menggunakan Metode Certainty Factor Pada Fast Laundry

Penulis

  • Albertus Trianda Novianto STMIK Triguna Dharma
  • Marsono Marsono STMIK Triguna Dharma
  • Ahmad Calam STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i2.4566

Abstrak

Mesin cuci dalah alat yang berfungsi untuk mencuci pakaian atau kain baik untuk kebutuhan rumah tangga ataupun untuk kepentingan bisnis, dalam penggunaannya mesin ini sangat membantu sekali dalam meringankan pekerjaan para ibu rumah tangga karena saat mencuci dengan mesin maka para ibu tersebut dapat melakukan kegiatan lain tanpa terganggui oleh kegiatan mencuci.      Certainty Factor (CF) merupakan teori untuk mengintrepresentasikan ketidakpastian seorang pakar. Seorang pakar sering menganalisis informasi atau ungkapan dengan ketidakpastian, untuk mengakomodasikan hal ini digunakan Certainty Factor (CF).     Perangkat lunak yang dibangun akan menggunakan metode Certainty Factor, pada konsep perancangan mendeteksi kerusakan mesin laundry. Hasil dari deteksi menggunakan metode certainty factor adalah berbasis desktop dan dapat membantu pengguna dalam mendeteksi kerusakan mesin laundry. 

Biografi Penulis

Albertus Trianda Novianto, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Marsono Marsono, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ahmad Calam, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Referensi

Burhadudin, Moh, Arif Johar Taufq, and Latiful Hayat. "Kendali Mesin Cuci Satu Tabung Menggunak an Mikrokontroler AT89C51." (2016).

Septiana, Laila. "Metode dempster-shafer untuk sistem pakar deteksi kerusakan mesin cuci berbasis web." Jurnal Techno Nusa Mandiri 12.2 (2015): 137-146.

H. T. Sihotang et al., “Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Herpes Zoster,†vol. 3, no. 1, 2018.

A. Supiandi and D. B. Chandradimuka, “Sistem Pakar Diagnosa Depresi Mahasiswa Akhir Dengan Metode Certainty Factor Berbasis Mobile,†vol. 5, no. 1, pp. 102–111, 2018

Y.Suherlina, B. Yaherwandi, and S. Efendi, “Sebaran dan Tingkat Serangan Hama Penggerek Buah Kakao (Conopomorpha Cramerella Snellen) ,†J.Agronida, vol. 6, no. 1, pp. 28–33, 2020.

M. K. Zulfian Azmi,S.T., M.Kom. Verdi Yasin, S.Kom., Pengantar Sistem PakarqdancMetode.xMitraxWacanabMedia,b2017.

N. Yanti, L. Gaol, and A. Info, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Tanaman Buah Citrus ( Lemon ) Mengggunakan Metode Certainty Factor,†vol. 19, no. 1, pp. 1–10, 2020.

Diterbitkan

2021-11-30

Terbitan

Bagian

Articles

URN