Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Usus Turun Pada Wanita Menggunakan Metode Dempster Shafer

Authors

  • Seri Desna Tarigan STMIK Triguna Dharma
  • Mukhlis Ramadhan STMIK Triguna Dharma
  • Nur Yanti Lumbangaol STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i7.4565

Abstract

Hernia berasal dari bahasa latin, herniae, artinya penonjolan isi suatu rongga melalui jaringan ikat tipis yang lemah pada dinding rongga tersebut. Dinding rongga yang lemah itu membentuk kantong dengan pintu berupa cincin. Penyakit Hernia merupakan penonjolan isi rongga melalui defek atau bagian lemah dari dinding rongga yang bersangkutan. Hernia terdiri atas cincin, kantong, dan isi hernia. Berdasarkan terjadinya, hernia dibagi atas hernia bawaan atau kongenital dan hernia dapatan atau akuisita.Berdasarkan lokasinya, hernia diberi nama sesuai dengan lokasi anatominya, seperti hernia diafragma, inguinal, umbilikalis, femoralis, dan lain-lain Adapun masalah dengan meningkatkannya pengidap penyakit usus pada wanita yang dapat menyebabkan kematian, karena kurangnya pengetahuan dalam pencegahan.                Sistem pakar merupakan teknik kecerdasan buatan yang dapat menyelesaikan suatu permasalahan tertentu dengan meniru kerja para pakar, orang biasa pun akan dapat menyelesaikan permasalahan yang dianggap cukup rumit yang tadinya hanya dapat diselesaikan oleh seorang pakar. Seorang pakar tidak dapat melayani secara penuh karena terbatasnya waktu dan banyaknya hal yang harus dilayani sehingga sangat dibutuhkan sebuah sistem yang dapat membantu peran pakar tersebut, maka sistem yang dibangun dengan menggunakan metode dempster shafer.                Hasil penelitian ini bermanfaat masyarakat dan dapat mendiagnosa penyakit usus turun pada wanita lebih akurat dan efisien . 

Author Biographies

Seri Desna Tarigan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Mukhlis Ramadhan, STMIK Triguna Dharma

Manajemen Komputer

Nur Yanti Lumbangaol, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

I. Indriastuti, F. Santi Wahyuni and F. Ariwibisono, "Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Pupuk Pada Tanaman Padi Di Jawa Timur Menggunakan Metode Technique For Order Preference By Similarity Of Ideal Solution (Topsis) Dan Weight Product (Wp) Berbasis Web," 2021.

J. and R. Nazli, "Penerapan Metode Mamdani Untuk Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Golongan Obat Sesuai Dengan Penyakit Diabetes," JURNAL TEKNOLOGI DAN OPEN SOURCE, vol. I, no. 2, pp. 67 - 74, 2018.

Y. Perwira, "Penentuan Peringkat Pelanggan Terbaik Dengan Metode Weighted Product (Studi Kasus Pt.Asia Raya Foundry)," Jurnal Matik Penusa, vol. III, no. 1, pp. 138-147, 2019.

C. Budihartanti, Y. N. Dewi, I. Purnamasari, P. Studi, S. Informasi, S. Tinggi, M. Informatika, D. Komputer and N. Mandiri, "JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh)".

E. N. A. Hidayah and E. Fetrina, "Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Jabatan Pegawai Dengan Metode Profile Matching," Jurnal Sistem Informasi, vol. X, no. 2, pp. 127-134, 2017.

D. Nofriansyah, Multi Criteria Decision Making, Yogyakarta: CV.Budi Utama, 2017.

Downloads

Published

2021-07-30

Issue

Section

Articles

URN