sistem pendukung keputusan prioritas pengeluaran dana kebutuhan alat-alat sekolah menggunakan metode multi objective optimization on the basis of rasio (moora)

Authors

  • Danu Stiawan STMIK Triguna Dharma
  • Usti Fatima sari Sitorus pane STMIK Triguna Dharma
  • Milfa Yetri STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i7.4563

Abstract

Madrasah mulai berkembang seiring dengan masuknya islam di Nusantara. Dalam sejarahnya madrasah telah melahirkan pemimpin dalam bidang pendididkan dan agama Salah satunya adalah Madrasah Tsanawiyah Al- Maidah. Madrasah Tsanawiyah Al-Maidah merupakan suatu lembaga dibawah naungan Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) yang berada di Desa Kotasan. Madrasah Tsanawiyah Al-Maidah memiliki siswa/i sekitar ratusan orang yang bersekolah di Madrsah Tsanawiyah Almaidah. Dengan banyaknya siswa/i yang belajar di Madrasah Tsanawiyah Al- Maidah maka semakin banyak pula kebutuhan yang harus dikeluarkan. Madrasah Tsanawiyah Al-Maidah banyak mengeluarkan pengeluaran dana kebutuhan alat- alat sekolah, seperti papan tulis,komputer, meja, bangku dan kebutuhan lainnya. Dengan alasan itulah maka diangkat penelitian dengan judul “Sitem Pendukung Keputusan Prioritas Pengeluaran Dana Kebutuhan Alat-Alat Sekolah Madrasah Tsanawiyah Alamidah Menggunakan Metode Multi-Objective Optimization On The Basis Of Ratio (MOORA)â€. Penelitian tersebut bertujuan untuk menciptakan suatu sistem berbasis komputerisasi, kemudian dengan diterapkannya sistem tersebut maka hasil yang didapatkan akan benar-benar akurat dan cepat. Dapat dikatakan bahwa dengan pengujian sistem berdasarkan kriteria-kriteria yang ada akan memberikan jawaban pasti dalam menentukan menentukan prioritaas pengeluaran dana kebutuhan alat-alat Sekolah. Hal ini karena penerapan metode yang di masukkan ke dalam coding program sehingga sistem ini dapat membantu Madrasah Tsanawiyah Al-Maidah.

Author Biographies

Danu Stiawan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Usti Fatima sari Sitorus pane, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Milfa Yetri, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

J. Iswahyudi, “Evaluasi Program Boarding School dalam Upaya Meningkatkan Mutu Lulusan di MAN 1 Gunungkidul,†vol. 5, no. November, pp. 165–172, 2020.

J. Karim, “Pohuwato Provinsi Gorontalo,†vol. 10, no. April, pp. 86–91, 2018.

L. F. Israwan, “Penerapan Multi-Objective Optimization On The Basis Of Ratio (Moora) Dalam Penentuan Asisten Laboratorium,†J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 5, no. 1, pp. 19–23, 2019, doi: 10.35329/jiik.v5i1.28.

S. Wardani, I. Parlina, and A. Revi, “ANALISIS PERHITUNGAN METODE MOORA DALAM PEMILIHAN SUPPLIER BAHAN BANGUNAN DI TOKO MEGAH GRACINDO JAYA InfoTekJar ( Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan ),†J. Nas. Inform. dan Teknol. Jar., vol. 3, no. 1, pp. 95–99, 2018.

Asyahri Hadi Nasyuha, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Pemberian Pinjaman Modal dengan Metode Multi Attribute Utility Theory,†vol. 3, no. 2, April, 2019.

Downloads

Published

2020-07-30

Issue

Section

Articles

URN