Sistem Pakar Untuk mendeteksi Penyakit Bercak Kuning Pada Jmur Tiram

Authors

  • Rogantino Agusta STMIK Triguna Dharma
  • Zulfian Azmi STMIK Triguna Dharma
  • Guntur Syahputra STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i1.4562

Abstract

Pemahaman para petani jamur akan penyakit jamur tergolong masih rendah. Banyak pembudidaaan jamur masih mengandalka pengetahuan seorang pakar unyuk dapat mendiagnosa suatu penyakit, sehingga membutuhkan waktu yang lama dan mahal. Sistem pakar ini dapat di jadikan informasi dan pedoman untuk mendeteki penyakit yang muncul pada tanaman jamur serta cara menanggulanginya.Bercak kuning(pseudomonas agarici) adalah predator karena kelembapan yang berlebihan yang sering muncul pada jamur tiram. Kelembapan atau terlalu banyaknya air pada bagian kelopak jamur sehingga menyebabkan bercak kuning di bagian kelopak pada jamur tiram. Oleh karena itu, metode sistem pakar yang digunakan berdasarkan kasus tersebut dengan efektif dan efisien adalah certainty factor.Sistem pakar ini merupakan aplikasi yang menggunakan fakta dan teknik penalaran yang digunakan oleh seorang pakar. Penggunaan sistem aplikasi ini dapat memberikan informasi dan acuan bagi pengguna berupa kemungkinan jenis penyakit yang menyerang pada tanaman jamur berdasarkan gejala yang dimasukan oleh user. Aplikasi ini dapat memberikan bantuan berupa layanan bagipara petani atau pembudidaya tanaman jamur untuk mendiagnosa penyakit jamur secara lebih dini.

Author Biographies

Rogantino Agusta, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Zulfian Azmi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

B. Herawan Hayadi, S.Kom., M.Kom (2018). Sistem Pakar Peyelesaiaan Kasus Menentukan Minat Baca, Kecenderungan, Karakter Siswa Dengan Meode Forward Chaining. Yogyakarta. Penerbit Deepublish.

Wawan Abdul Aziz (2017).Kiat Sukses Budidaya Jmur Tiram. Bandung.

Penerbit Yrama Widya.

Haris Budiman (vol 8, No. 1, 2017). Peran Teknologi Dan InformasiDalam Dunia Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam.

Rezza ramadhan Dkk Sistem Pakar Mendeteksi Penyakit Kulit Pada Kucing Persia Menggunakan Metode Certainty Factor. Jurnal Posiding, Seminar Ilmu Komputer Dan Teknoogi Informasi. vol 2 No 1,2017.

Rahmi Ras, Nelly Astuti and Efori, (2017). Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Asidosis Tubulus Renalis Menggunakan Metode Certainty Factor Dengan Penelusuran Forward chaining. Jurnal Media Informatika Budidarma

Hayadi Herawan, B, Visualisasi Konsep Umum Sistem Pakar Berbasis Multimedia . Jurnal Sistem Pakar Vol. 3 No. 1, 2017)

Hayadi Herawan, B, Visualisasi Konsep Umum Sistem Pakar Berbasis Multimedia . Jurnal Sistem Pakar Vol. 3 No. 1, 2017)

Downloads

Published

2021-09-30

URN