"PERANCANGAN SISTEM SOLAR TRACKING PANEL UNTUK MENENTUKAN ARAH PANEL SURYA PADA MATAHARI DENGAN METODE FUZZY BERBASIS MIKROKONTROLER"

Authors

  • Fahry Fadila Risky STMIK Triguna Dharma
  • Darjat Saripurna STMIK Triguna Dharma
  • Iskandar Zulkarnain STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i8.4559

Abstract

Pada saat ini penggunaan panel surya yang terpasang dalam posisi statis (diam) ke satu arah tidak akan mendapatkan titik daya yang optimal dari matahari dan cahaya matahari yang diterima sedikit, hanya pada jam-jam tertentu panel surya dapat menerima cahaya matahari secara penuh. Besarnya energi listrik yang akan diserap tergantung daya serap terhadap cahaya menimbulkan polusi bagi lingkungan. Untuk mendapatkan efisiensi maksimum, maka panel surya harus mengikuti pergerakan matahari. Posisi panel surya terhadap matahari harus dikendalikan secara otomatis dengan suatu sistem penggerak panel surya. Keuntungan yang dapat diperoleh adalah jumlahnya cukup besar, kontinu, tidak menimbulkan polusi, terdapat dimanamana dan tidak mengeluarkan biaya. Untuk mendapatkan energi listrik yang optimal, sistem panel surya tersebut masih harus dilengkapi pula dengan suatu sistem kontrol yang berfungsi untuk mengatur arah permukaan dari panel surya agar selalu menghadap matahari sehingga energi dari sinar matahari dapat sepenuhnya jatuh ke permukaan panel surya. Sistem dapat memanfaatkan penggunaan mikrokontroler yang merupakan sistem mikroprosesor dimana di dalamnya sudah terdapat CPU, ROM (Read Only Memory), yang dapat digunakan sebagai pengendali untuk menggerakkan motor servo secara otomatis kearah arah cahaya matahari. Dengan menggunakan beberapa sensor, sistem akan mendeteksi arah matahari dan menggerakkan panel kearah dimana intensitas cahaya matahri lebih besar. Kata Kunci : Panel Surya, Cahaya Matahri, Mikrokontroler 

Author Biographies

Fahry Fadila Risky, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Darjat Saripurna, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Iskandar Zulkarnain, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Rometdo Muzawi. PROTOTYPE ALAT PHYSICAL DISTANCING COVID -19 MENGGUNAKAN ARDUINO UNO, JOISIE Journal Of Information System And Informatics Engineering Vol. 4, No.2 Desember 2020.

Muhamad Iqbal Zenari. RANCANG SISTEM ANTRIAN PADA LOKET BAA UNIBA BERBASIS ARDUINO, JTE UNIBA, Vol. 5, No. 1, Oktober 2020 .

Rian Suryo Darmawan dan Addin Suwastono.MODEL SISTEM ANTRIAN BERBASIS ARDUINO UNO R3 DAN RASPBERRY PI MENGGUNAKAN PYTHON, SEMINAR NASIONAL XI SDM TEKNOLOGI NUKLIR YOGYAKARTA, 15 SEPTEMBER 2015.

Nurmalia Nasution, Amir Supriyanto dan Sri Wahyu Suciyati.Implementasi Sensor Fotodioda sebagai Pendeteksi Serapan Sinar Infra Merah pada Kaca.JURNAL Teori dan Aplikasi Fisika Vol. 03, No. 02, Juli 2015 .

Johannes Pandiangan, PERANCANGAN DAN PENGGUNAAN PHOTODIODA SEBAGAI SENSOR PENGHINDAR DINDING PADA ROBOT FORKLIFT. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SUMATERA UTARA 2007.

FARIDA IASHA. RANCANG BANGUN SENSOR DETAK JANTUNG MANUSIA PADA TREADMILL DENGAN MENGGUNAKAN SENSOR PHOTODIODA.Program Studi D3 Metrologi dan Instrumentasi Jurusan Teknik Fisika Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya 2016.

Downloads

Published

2022-07-20

URN