SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENENTUKAN PENERIMAAN BIDIK MISI MAS AL-WASHLIYAH MEDAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED AGGREGATED SUM PRODUCT ASSESMENT (WASPAS)

Authors

  • hamsyah akma maha STMIK Triguna Dharma
  • kamil erwansyah STMIK Triguna Dharma
  • firahmi risky STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i3.4548

Abstract

MAS Al-Washliyah Medan sebagai salah satu sekolah di Medan melaksanakan pemilihan pemberian beasiswa Bidikmisi bagi siswa yang akan tamat dan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Dalam menentukan pemberian beasiswa Bidikmisi mahasiswa di MAS Al-Washliyah Medan, proses yang dilakukan oleh tim penyeleksi berupa tes wawancara serta tes penilian langsung yang dilakukan kepada calon mahasiswa penerima Bidikmisi. Namun saat ini mekanisme penilaian masih bersifat manual, tim seleksi mahasiswa Bidikmisi cenderung dihadapkan pada penilaian yang bersifat subjektif. Untuk menghindari hasil yang kurang objektif maka dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan yang terkomputerisasi untuk menjadi acuan keputusan yang diambil. Maka dari itu  dibutuhkan sistem dalam menentukan keputusan yang tepat dalam menyeleksi kelayakan siswa yang mendapatkan program Bidik Misi. Dari permasalahan yang dijelaskan tersebut, dibutuhkan suatu sistem yang membantu dalam mengambil keputusan penentuan penerima Bisikmisi. Sebuah sistem yang mampu mengidentifikasi sebuah permasalahan tersebut adalah sistem pendukung keputusan. Maka dari itu sistem yang tepat untuk digunakan sebagai pemecahan masalah adalah sistem pendukung keputusan Dengan menggunakan metode Weighted Aggregated Sum Product Assesment.Hasil penelitian merupakan terciptanya sebuah aplikasi Sistem Pendukung Keputusan dengan Metode WASPAS yang dapat membantu pihak MAS Al-Washliyah Medan dalam menentukan siswa yang memperoleh hasil penentuan penerimaan bidikmisi. Sistem ini dapat mengurutkan data siswa dari peringkat tertinggi sampai dengan terendah, sehingga memudahkan pihak sekolah dalam menentukan siswa yang akan menerima Bidik Misi secara objektif..

Author Biographies

hamsyah akma maha, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

kamil erwansyah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

firahmi risky, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

N. E. Rohaeni, “Implementasi Kebijakan Program Indonesia Pintar (PIP) Melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) dalam Upaya Pemerataan Pendidikan,†Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, vol. 2, nº 1, 2018.

I. G. T. Heriawan, “ SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN BEASISWA BIDIKMISI MENGGUNAKAN METODE SAW-TOPSIS DI STAH MPU KUTURAN SINGARAJA,†Jurnal Sains & Teknologi, vol. 8, nº 2, pp. 116-126, 2019.

E. Ningsih, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENENTUKAN PELUANG USAHA MAKANAN YANG TEPAT MENGGUNAKAN WEIGHTED PRODUCT (WP) BERBASIS WEB,†ILKOM Jurnal Ilmiah, vol. 9, 2017.

M. Handayani e N. Marpaung, “Seminar Nasional Royal (SENAR) 2018 ISSN 2622-9986 (cetak) STMIK Royal-AMIK Royal, hlm. 253-258 ISSN 2622-6510 (online) Kisaran, Asahan,†2018.

V. Amalia, D. Syamsuar, L. Atika, P. Pascasarjana e U. B. Darma, “KOMPARASI METODE WP SAW DAN WASPAS DALAM PENENTUAN PENERIMA BEASISWA PMDK,†vol. 1, nº 2, pp. 82-97, 2019.

Downloads

Published

2019-03-30

Issue

Section

Articles

URN