Sistem Pendukung Keputusan pemilihan Bibit Lembu Madras Terbaik Menggunakan Metode Weight Aggregated Sum Product Assestment (WASPAS) Pada CV. Dyanata Farm Desa Ujung Rambung Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Berdagai

Authors

  • Irhandi Syahri STMIK Triguna Dharma Medan
  • Iskandar Zulkarnain STMIK Triguna Dharma Medan
  • Sobirin Sobirin STMIK Triguna Dharma Medan

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i1.4545

Abstract

Ada beberapa jenis lembu yang banyak dikembangkan saat ini yaitu lembu limousin, lembu  brahman,  lembu  madras  yang disilangkan dengan lembu Impor. Beberapa jenis lembu masing-masing mempunyai sifat yang khas baik ditinjau dari bentuk luarnya (ukuran tubuh, warna bulu) maupun dari genetiknya (laju pertumbuhan). Dari beberapa jenis lembu tersebut lembu madras yang paling banyak diminati konsumen.Namun terjadi permasalahan dalam pemilihan bibit lembu terbaik, CV. Dynata Farm masih  menggunakan  cara konvensional  yang  hanya  dilihat  dari berat badan dan harga bibit itu sendiri. Dengan alasan itulah maka diangkat penelitian dengan judul “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Bibit Lembu Madras Terbaik Menggunakan Metode Weight Aggregated Sum Product Assestment (WASPAS) Pada Cv. Dynata Farm Desa Ujung Rambung Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagaiâ€. Penelitian tersebut bertujuan untuk menciptakan suatu sistem berbasis komputerisasi, kemudian dengan diterapkannya sistem tersebut maka hasil yang didapatkan akan benar-benar akurat dan cepat. Dapat dikatakan bahwa dengan pengujian sistem berdasarkan kriteria-kriteria yang ada akan memberikan jawaban pasti dalam pemilihan bibit lembu terbaik. Hal ini karena penerapan metode yang di masukkan ke dalam coding program sehingga sistem ini dapat membantu Dynata Farm. Kata Kunci : Bibit Lembu, Sistem Pendukung Keputusan, WASPAS

Author Biographies

Irhandi Syahri, STMIK Triguna Dharma Medan

Sistem Informasi

Iskandar Zulkarnain, STMIK Triguna Dharma Medan

Sistem Informasi

Sobirin Sobirin, STMIK Triguna Dharma Medan

Sistem Informasi

References

Shally Alpriany Aisyah et al., "STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA SAPI POTONG (STUDI KASUS CV MITRA TANI FARM)," 2013.

ROHMAT TAUFIQ dan HESTI PUSPITA SARI, "RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN JUMLAH PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE FUZZY TSUKAMOTO," Jurnal Teknik: Universitas Muhammadiyah Tangerang, vol. VIII, no. 1, pp. 6-10, Juni 2019.

Muttaqin Muttaqin, Akbar Iskandar, Agus Perdana Windarto, Janner Simarmata, Mesran Mesran, Oris Krianto Sulaiman, Dodi Siregar, Dicky Nofriansyah, Darmawan Napitupulu, Anjar Wanto Tonni Limbong, Sistem Pendukung Keputusan: Metode & Implementasi, 1st ed., Alex Rikki, Ed. Medan, Indonesia: Yayasan Kita Menulis, 2020.

Anton Gunarto, Santoso Djatmiko Pinardi, "PERENCANAAN LANSKAP KAWASAN PENERAPAN INOVASI TEKNOLOGI PETERNAKAN PRUMPUNG BERBASIS RAMAH LINGKUNGAN," JURNAL ILMIAH PETERNAKAN TERPADU, vol. VII, no. 2, pp. 251-262, Juli 2019.

L. Praharani S. Rusdiana, "PENGEMBANGAN PETERNAKAN RAKYAT SAPI POTONG: KEBIJAKAN SWASEMBADA DAGING SAPI DAN KELAYAKAN USAHA TERNAK," Forum Penelitian Agro Ekonomi, vol. XXXVI, no. 2, pp. 97-116, Desember 2018.

Patmawati Hasan, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN KREDIT MODAL USAHA PADA PT.BANK BPR PMM DECISION SUPPORT SYSTEM FOR CAPITAL BUSINESS CREDIT APPROVAL IN PT.BANK BPR PMM," 2018.

Elvina D Marbun, Lilis A Sinaga, Ria Simanjuntak, Dodi Siregar, and Joli Afriany, "Penerapan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assessment Dalam Menentukan Tepung Terbaik Untuk Memproduksi Bihun," 2018. [Online]. http://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/jurikom|

Downloads

Published

2021-01-25

URN