Sistem Pakar Mendeteksi Kerusakan Pada Sepeda Motor Yamaha Menggunakan Metode Teorema Bayes

Authors

  • Ahmad Yusuf STMIK Triguna Dharma
  • Dicky Novriansyah STMIK Triguna Dharma
  • Fifin Sonata STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i1.4544

Abstract

Sepeda motor merupakan suatu kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Sudah banyak orang-orang menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasi dalam melakukan aktifitas sehari-hari, sebagian besar aktifitas tersebut hampir tidak mungkin dilakukan jika tidak menggunakan alat transportasi. Yamaha RX King adalah salah satunya. Yamaha RX King telah resmi berhenti diproduksi sejak tahun 2009 sehingga keruskan-kerusakan pada mesin sepeda motor tersebut kini banyak dialami oleh para pengguna nya. Masalah bagi pengendara yang tidak mengetahui jenis kerusakan mesin sepeda motor RX King akan sangat fatal apabila jenis kerusakan mesin sepeda motor RX King tidak segera ditangani. Aplikasi sistem pakar yang berbasis Web dapat dirancang untuk membantu proses pendeteksian kerusakan sepeda motor Rx-King. Metode sistem pakar yang digunakan adalah Teorema Bayes. Sistem pakar ini membantu proses deteksi kerusakan sepeda motor Rx-King dengan memasukkan gejala-gejala yang dialami oleh pemilik. Hasil dari penerapan aplikasi sistem pakar ini dapat membantu masyarakat atau pemilik terkait untuk mengetahui kerusakan sepeda motor Rx-King secara cepat dan tepat, serta mampu memberikan informasi mengenai jenis kerusakan sepeda motor dan solusi penangananya.

Author Biographies

Ahmad Yusuf, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Dicky Novriansyah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Fifin Sonata, STMIK Triguna Dharma

Manajemen Informatika

References

M. R. Hartono, “APLIKASI DIAGNOSA KERUSAKAN MESIN SEPEDA MOTOR MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING DAN METODE BAYES APPLICATIONS DIAGNOSIS MOTORCYCLE OF ENGINE DAMAGE USE METODHE FORWARD CHAINING AND METODHE BAYES,†pp. 1–9, 2016.

J. Inkofar et al., “1, 2 1 1,†vol. 1, no. 1, pp. 23–33, 2019.

H. Listiyono, “Merancang dan Membuat Sistem Pakar,†J. Teknol. Inf. Din., vol. XIII, no. 2, pp. 115–124, 2008.

H. T. SIHOTANG, E. Panggabean, and H. Zebua, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Herpes Zoster Dengan Menggunakan Metode Teorema Bayes,†vol. 3, no. 1, 2019, doi: 10.31227/osf.io/rjqgz.

F. I. Mevung et al., “Diagnosis Penyakit Kejiwaan Menggunakan Metode Certainty Factor,†Pros. Semin. Ilmu Komput. dan Teknol. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 374–380, 2017.

S. Pakar, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Jantung Menggunakan Metode Certainty Factor Berbasis Web,†Media Inform. Budidarma, vol. 1, no. 3, pp. 67–70, 2017.

M. R. Fadillah, B. Andika, and D. Saripurna, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Dan Hama Penyerang Tanaman Bougenville Dengan Metode Teorema Bayes,†vol. 19, no. 1, 2020.

D. Nofriansyah and R. Gunawan, “Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Pertussis ( Batuk Rejan ) Dengan Menggunakan Metode Teorema Bayes,†vol. 3, no. 1, pp. 41–54, 2020.

Downloads

Published

2021-09-30

URN