Penerapan Data Mining Untuk Mengestimasi Target Penjualan Pakaian Di Rumah Uis Dengan Metode Regresi Linier Berganda

Authors

  • Lili Ofrianta Br Barus STMIK Triguna Dharma
  • Iskandar Zulkarnain STMIK Triguna Dharma
  • Faisal Taufik STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i4.4540

Abstract

   Rumah Uis merupakan usaha yang bergerak dibidang fashion yaitu penjualan pakaian dan kelengkapan wanita. Pelanggan terdiri dari berbagai karangan baik itu dari masyarkat Kalanga bawah, mencegah, ataupun masyarakat kalangan atas. Adapun masalah dalam mengestimasi target penjualan dengan persaiangan begitu banyak dan penjualan menurun. Dengan mengetahui target penjualan, dapat mengantisipasi kerugian yang dialami oleh Rumah Uis.                Berdasarkan permasalahn diatas, maka dapat digunakan Data Mining dan pengelolaan Data Mining pada kasus mengestimasi target penjualan adalah Regresi Linear berganda. Regresi Linear Berganda dapat digunakan untuk meprediksi sesuatu di masa depan dengan menggunakan lebih dari 2 faktor atau variabel yang memiliki pengaruh terhadap apa yang akan diprediksi                Hasil penelitian dapat  sebagai alat bantu untuk mengestimasi jumlah penjualan dan dapat sebagai alat bantu untuk mengestimasi target penjualan dalam laporan penjualan pakaian konsep keilmuan Data Mining. Kata Kunci: Data Mining, Penjualan, Regresi Linear Berganda

Author Biographies

Lili Ofrianta Br Barus, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Iskandar Zulkarnain, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Faisal Taufik, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

D. Sunia, K. and A. P. Jusia, "Penerapan Data Mining Untuk Clustering Data Penduduk Miskin Menggunakan Algoritma K-Means," STIKOM Dinamika Bangsa, pp. 121-134, 2019.

P. Katemba and R. K. Djoh, "Prediksi Tingkat Produksi Kopi Menggunakan Regresi Linear," Jurnal Ilmiah FLASH, vol. III, 2017.

E. Triyanto, H. Sismoro and D. A. Laksito, "Implementasi Algoritma Regresi Linear Berganda Untuk Memprediksi Produksi Padi Di Kabupaten Bantul," Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab, vol. IV, no. 2477-2062, pp. 73-86, 2019.

D., A., " Implementasi Data Mining untuk Prediksi Persediaan Obat pada Puskesmas Kertapati menggunakan Regresi Linier Berganda," JURNAL SISTEM DAN INFORMATIKA (JSI), vol. Volume 15 No.2, 2020.

Alfannisa Annurullah Fajrin and Algifanri Maulana, " Penerapan Data Mining Untuk Analisis Pola Pembelian Konsumen Dengan Algoritma FP-growth Pada Data Transaksi Penjualan Spare Part Motor," Kumpulan jurnaL Ilmu Komputer (KLIK), vol. Volume 05, 2018.

H dan W. Maya, "Penerapan Data Mining Dalam Memprediksi Jumlah Penumpang Pada CV. Surya Mandiri Sukses Dengan Menggunakan Metode Regresi Linier," J-SISKO TECH, vol. II, no. 1, pp. 54-61, 2018.

Downloads

Published

2019-04-30

Issue

Section

Articles

URN