Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Alvi Deiectiones (Diare) Pada Anjing Dengan Menggunakan Metode Teorema Bayes

Authors

  • Haris Sandoko Sinaga STMIK Triguna Dharma
  • Mukhlis Ramadhan STMIK Triguna Dharma
  • Zaimah Panjaitan STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i1.4538

Abstract

Penyakit Alvi Deiectiones (Diare) disebabkan oleh kesalahan mengonsumsi makanan (seperti mengonsumsi makanan sisa atau basi), pergantian jenis makanan tanpa masa transisi, infeksi virus, bakteri, atau parasit. Sementara diare kronis pada Anjing dapat disebabkan oleh alergi makanan, stres, parasit atau cacing, penyakit pankreas. keterbatasan jumlah dokter hewan yang ada di Indonesia dibandingkan dengan jumlah kasus penyakit Alvi Deiectiones (Diare)  pada anjing, serta ketidaktahuan manusia dalam mengidentifikasi penyakit Alvi Deiectiones (Diare) ada ajing, menjadi alasaan dibutuhkan sebuah sistem yang dapat membantu dalam proses diagnosis penyakit Alvi Deiectiones (Diare)  pada anjing. Di dalam Sistem Pakar ada banyak Metode yang digunakan salah satunya adalah metode Teorema Bayes. Teorema Bayes digunakan untu menghitung suatu keputusan dan informasi yang tepat dan berdasarkan observasi yang telah dilakukan. Sistem pakar dapat menggantikan peran seorang pakar yang prinsip kerjanya dapat memberikan hasil yang pasti, seperti yang dilakukan oleh seorang pakar. Dari penelitian ini menghasilkan aplikasi sistem yang dapat membantu pecinta anjing  dalam penanganan masalah  penyakit Alvi Deiectiones (Diare) pada anjing. Dengan konsep sistem pakar yang merupakan sebuah program yang mampu menganalisis permasalahan dan menghasilkan kesimpulan dengan adanya proses pemindahan pengetahuan ahli ke dalam sistem.

Author Biographies

Haris Sandoko Sinaga, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Mukhlis Ramadhan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Zaimah Panjaitan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

C. J. Kelung, A. S. M. Lumenta, T. Informatika, and U. S. Ratulangi, “MANADO,†pp. 1–7.

R. Sistem, “Jurnal Resti,†vol. 1, no. 1, pp. 19–25, 2017.

P. H. Kristyanto and O. Suria, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kulit Pada Anjing Ras Dengan Metode Expert System for Diagnosting Dog Skin Diseases Using Bayes Method,†pp. 11–20.

P. H. Kristyanto and O. Suria, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kulit Pada Anjing Ras Dengan Metode ,†JMAI (Jurnal Multimed. Artif. Intell., vol. 2, no. 2, pp. 11–20, 2018, doi: 10.26486/jmai.v2i2.77.

M. ko. Azmi, Zulfian, S.T. and S. K. M. K. verdi, Yasin, PENGANTAR SISTEM PAKAR DAN METODE. 2019.

R. Damanik and dkk, “Diagnosa Penyakit Kulit Pada Anjing Dengan Algoritma Multilayer Perceptron,†J. Mahajana Inf., vol. 4, no. 2, pp. 1–7, 2019.

N. Y. L. Gaol, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Tanaman Buah Citrus ( Lemon ) Mengggunakan Metode Certainty Factor,†J. SAINTIKOM (Jurnal Sains Manaj. Inform. dan Komputer), vol. 19, no. 1, pp. 1–10, 2020.

P. Studi Sistem Informasi and S. Triguna Dharma, “SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT ANEMIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE * Trinanda Syahputra #1 , Muhammad Dahria #2 , Prilla Desila Putri #3,†Saintikom, vol. 16, no. 3, pp. 284–294, 2017.

Downloads

Published

2021-09-30

URN