Prediksi Persediaan Ban Mobil Menggunakan Data Mining Dengan Algoritma Triple Smoothing

Authors

  • Lambok Rianto Lumban Gaol STMIK Triguna Dharma
  • Kamil Erwansyah STMIK Triguna Dharma
  • Usti Fatimah sari Sitorus Pane STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i9.4535

Abstract

  Transportasi ataupun kendaraan pada saaat ini memiliki peran yang sangat penting di dalam kehidupan manusia. Karena semua aspek kehidupan manusia di dunia kini tidak ada yang tidak disentuh oleh transportasi. Mobil kendaraan roda 4 tersebut dapat menjalankan sebagai perannya sebagai transportasi darat untuk perjalanan jauh dan peran penting pergantian roda mobil untuk tidak terjadinya kecelakaan dengan permukaan roda yang halus ataupun pecah untuk kenyamanan kendaraan. Pada toko penyediaa ban mobil, ketersediaan stok merupakan hal yang penting mengingat banyaknya persaingan di usaha sejenis serta menghindari pelanggan yang kecewa karena tidak adanya stok ban mobil yang dibutuhkan.                Permsalahan tersebut dibutuhkan sebuah sistem yang dapat memprediksi persediaan ban yaitu keilmuan Data Mining. Dalam penentuan prediksi persediaan ban mobil yang akan dikeluarkan. Algoritma yang akan digunakan untuk pengelolaan Data Mining pada kasus memprediksi persediaan ban mobil adalah Triple Smooting.                Hasil pengujian sistem mempermudah dapat memprediksi persedian ban dengan menggunakan metode Triple Smooting dan mempercepat kinerja perusahaan untuk mengetahui jumlah persediaan ban untuk kedepannya.  Kata Kunci: Data Mining, Triple Smooting, Persedian, Ban Mobil

Author Biographies

Lambok Rianto Lumban Gaol, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Kamil Erwansyah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Usti Fatimah sari Sitorus Pane, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

D. Sunia, K. and A. P. Jusia, "Penerapan Data Mining Untuk Clustering Data Penduduk Miskin Menggunakan Algoritma K-Means," STIKOM Dinamika Bangsa, pp. 121-134, 2019.

P. Katemba and R. K. Djoh, "Prediksi Tingkat Produksi Kopi Menggunakan Regresi Linear," Jurnal Ilmiah FLASH, vol. III, 2017.

E. Triyanto, H. Sismoro and D. A. Laksito, "Implementasi Algoritma Regresi Linear Berganda Untuk Memprediksi Produksi Padi Di Kabupaten Bantul," Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab, vol. IV, no. 2477-2062, pp. 73-86, 2019.

Alfannisa Annurullah Fajrin and Algifanri Maulana, " Penerapan Data Mining Untuk Analisis Pola Pembelian Konsumen Dengan Algoritma FP-growth Pada Data Transaksi Penjualan Spare Part Motor," Kumpulan jurnaL Ilmu Komputer (KLIK), vol. Volume 05, 2018.

M. R. Julianti, M. I. Dzulhaq and A. Subroto, "Sistem Informasi Pendataan Alat Tulis Kantor Berbasis Web pada PT Astari Niagara Internasional," JURNAL SISFOTEK GLOBAL , vol. IX, no. 2088 – 1762, pp. 92-97, 2019.

Y. Darmi, A. Setiawan, J. Bali, K. Kampung Bali, K. Teluk Segara and K. Bengkulu, "Penerapan Metode Clustering K-Means Dalam Pengelompokan Penjualan Produk," 2016.

Downloads

Published

2020-09-29

URN