Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Busuk Daun Pada Tanaman Solanum Tubersum (Kentang Berumbi Merah) Menggunalan Metode Teorema Bayes

Authors

  • Tika Sari Dewi Stmik Triguna Dharma
  • Purwadi Purwadi Stmik Triguna Dharma
  • Jaka Prayuda

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i8.4530

Abstract

Desa Seberaya Kecamatan Tiga Panah adalah merupakan salah satu Desa yang ada di Daerah Tanah Karo. Daerah tersebut merupakan daerah agraris karena sebagian besar penduduk bermata pencaharian dengan cara bertani atau bercocok tanam seperti sayur mayur, umbi umbian dan sebagainya. Banyak tanaman yang di tanam di daerah tersebut, salah satunya adalah kentang berumbi merah. Penanaman Kentang berumbi merah harus melihat letak georafis wilayah untuk penanamna kentang serta memperhatikan keadaan lahan yang akan ditanam kentang berumbi merah. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan provuktivitas tanaman kentang berumbi merah. Dalam hal ini pastinya ada kendala yang akan dijumpai yaitu penyakityan menyerang tanaman kentang berumbi merah yang dapat mengakibatkan kerugian besar bagi petani. Permasalahan tersebut dibutuhkan suatu sistem untuk menyelesaikan masalah ini menggunakan sistem pakar. Sistem Pakar adalah pengetahuan, fakta, dan juga teknik penalaran tertentu dalam memecahkan masalah, yang mana masalah tersebut adalah sebuah masalah yang biasanya dapat dipecahkan oleh seorang pakar di dalam bidang atau didisplin ilmu tertentu dengan metode Teorema Bayes.Hasil yang pengujian ini menerapakan aturan yang dihubungkan dengan nilai probabilitas atau kemungkinan untuk menghasilkan suatu keputusan yang tepat berdasarkan penyebab-penyebab yang terjadi dan dapat membantu petani dalam mendeteksi penyakit busuk daun.Kata Kunci: Petani, Sistem Pakar, Tanaman, Teorema Bayes, Umbi Merah.

Author Biographies

Tika Sari Dewi, Stmik Triguna Dharma

Sistem Infomasi

Purwadi Purwadi, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Jaka Prayuda

Sistem Informasi

References

N. Manurung And R. , "Sistem Pendukung Keputusan Dalam Penentuan Mitra Jasa Pengiriman Barang Terbaik Di Kota Kisaran Menggunakan Metode Topsis," Jurteksi (Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi), Vol. Vol. V No. 2, No. 2550-0201, Pp. 133-138, 2019.

Mesran, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Peserta Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) Menerapkan Metode Moora," Media Informatika Budidarma, Vol. Vol 2, No. Issn 2548-8368 , Pp. 16-22, 2018.

R. F. Sinaga, "Penentuan Penerima Kip Dengan Menggunakan Metode Moora Pada Sd Negeri 124395 PematangSiantar," Komik (Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komputer), Vol. Volume 2, No. Issn 2597-4610, Pp. 278-285, 2018 .

A. Octavia, "Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Mutasi Karyawan Dengan Menggunakan Metode Oreste (Studi Kasus: Pdam Tirta Deli Kab. Deli Serdang)," Jurnal Majalah Ilmiah Informasi Dan Teknologi Ilmiah (Inti), Vol. Volume 7, Pp. 93-95, 2020.

T. Mufizar, T. Nuraen And A. Salama, "Sistem Pendukung Keputusan Dalam Penentuan Pertukaran Pelajar Di Sma Negeri 2 Tasikmalaya Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp)," Universitas Klabat Anggota Coris, Vol. I, No. 1, Pp. 68-82, 2017.

S. . W. Pasaribu, E. Rajagukguk, M. Sitanggang, R. Rahim And L. A. Abdillah, "Implementasi Multi-Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (Moora) Untuk Menentukan Kualitas Buah Mangga Terbaik," Jurnal Riset Komputer (Jurikom), Vol. V, No. 1, Pp. 50-55, 2018.

Downloads

Published

2020-08-30

URN