Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Rsud Pancur Batu Menggunakan Metode Fuzzy Associative Memory (Fam)

Authors

  • Fitri Febrina Br.Tarigan Stmik Triguna Dharma
  • Purwadi Purwadi Stmik Triguna Dharma
  • Jaka Prayuda Stmik Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i2.4528

Abstract

Rumah Sakit Umum Daerah Pancur Batu merupakan salah satu rumah sakit pemerintah yang di kelola oleh Pemerintah Kabupaten Deli Serdang. Pelayanan publik yang dilakukan oleh apratur pemerintah khususnya pelayanan kesehatan saat ini belum memenuhi harapan masyarakat, sehingga menimbulkan ketidak percayaan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan oleh pemarintah. RSUD Pancur Batu harus dapat menciptakan kemampuan bersaing yang baik, terutama dalam pelayanan medis, pelayanan administrasi dan   kenyamanan pasien. Salah satu cara yang digunakan untuk mengetahui sejauh mana kualitas pelayanan yang diberikan RSUD Pancur Batu kepada pasien yaitu dengan melakukan survei tingkat kepuasan pasien. Permasalahan tersebut dapat digunakan untuk penilaian kepuasan pasien adalah Sistem Pendukung Keputusan Dengan Menggunakan Metode Fuzzy Associative Memory (FAM). Metode Fuzzy Associative Memory merupakan salah satu algoritma yang ada pada logika fuzzy. Fuzzy Associative Memory adalah metode pengambilan keputusan yang fleksibel, FAM merupakan suatu sistem fuzzy yang memetakan himpunan fuzzy ke himpunan fuzzy lainyHasil yang pengujian untuk menentukan tingkat kepuasan pelayanan kesehatan di RSUD Pancur Batu oleh karena itu diangkatlah dan menjadi indikator untuk meningkatkan tingkat kepuasan pasien.Kata Kunci: Rumah Sakit, Sistem Pendukung Keputusan, Tingkat Kepuasan Pasien.

Author Biographies

Fitri Febrina Br.Tarigan, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Purwadi Purwadi, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Jaka Prayuda, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

M. K. Situmorang, “Implementasi Fuzzy Associative Memory ( FAM ) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penentuan Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan Terhadap Pelayanan ( RSU ) Martha Friska Multatuli Medan,†vol. 3, no. 1, pp. 70–77, 2020.

F. Mote, “Terhadap Pelayanan Publik,†Univ. Stuttgart, 2008.

S. Handayani, “Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Baturetno,†Profesi (Profesional Islam. Media Publ. Penelit., vol. 14, no. 1, p. 42, 2016, doi: 10.26576/profesi.135.

I. S. Muhammad Dahria, Saiful Nur Arief, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Tingkat Kepuasan Customer Terhadap Pelayanan Jasa Kebersihan Di Pt. Sas Menggunakan Metode Fuzzy Asosiative Memory,†J. Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD, vol. 3, no. 1, pp. 1–11, 2020.

Abdul Khadir, “Sistem Pendukung Keputusan,†Sist. Pendukung Keputusan, vol. 8, pp. 1–7, 2014.

A. Chaniago, “SPK program studi,†Sist. Inf., vol. 5, pp. 530–539, 2013.

Downloads

Published

2019-03-02

URN