Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Penjualan Kain Ulos Batak Toba Terbaik Dengan Metode additive Ratio Assesment (ARAS)

Authors

  • Marianta Baho STMIK Triguna Dharma
  • Hendra Jaya STMIK Triguna Dharma
  • Azanuddin Azanuddin STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i1.4527

Abstract

Persediaan dan kelengkapan suatu barang pada toko adalah elemen yang sangat penting. Kendala yang sering dialami sipenjual yaitu  sulitnya menentukan barangmana yang sering terjual ditoko tersebut sehinggadibutuhkan suatu sistem yang dapat membantu dalam mengambil keputusanmengenai jenis barang yang terbaik dan sipenjual tau jenis barang dan berapa barang yang harus disediakan dan keterkaitan satu produk dengan produk yang lain serta menganalisis tingkat keseringan suatu barang yang terjual.Untuk itu diperlukan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan untuk menentukan penjualan ulos batak toba terbaik yang sesuai dengan kriteria-kriteria yang sudah ditentukan.Dengan menggunakan sistem pendukung keputusan dapat memecahkan masalah yang dihadapi oleh Toko 11 Bersaudara.Adapun metode pendukung keputusan yang digunakan untuk menentukan penjualan ulos batak toba terbaik yaitu Metode Additive Ratio Assesment (ARAS).Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu sistem dapat mempermudah dan mempercepat dalam menentukan penjualan ulos batak toba terbaik dan membantu kepala sekolah dalam pengambilan keputusan untuk menentukan penjualan ulos batak toba terbaik.

Author Biographies

Marianta Baho, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Hendra Jaya, STMIK Triguna Dharma

Teknik Komputer

Azanuddin Azanuddin, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

References

D. I. K. Sigulang-gulang and E. Nainggolan, “Perkembangan Industri Tenun Ulos Di Kelurahan Sigulang-Gulang, Kecamatan Siantar Utara Dan Pengaruhnya Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat Tahun 1998-2005,†J. Indones. Hist., vol. 3, no. 2, pp. 15–20, 2016.

T. M. Panggabean, “Content management system untuk ulos batak toba teamsar muliadi panggabean institut teknologi del,†vol. 3, no. 2, pp. 136–154, 2019.

T. R. Sitompul and N. A. Hasibuan, “Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Tenaga Kerja Untuk Security Service Menggunakan Metode Aras,†J. Media Inform. Budidarma, vol. 2, no. 1, pp. 1–9, 2018, doi: 10.30865/mib.v2i1.812.

H. Susanto, “Penerapan Metode Additive Ratio Assessment(Aras) Dalam Pendukung Keputusan Pemilihan Susu Gym Terbaik Untuk Menambah Masa Otot,†Maj. Ilm. INTI, vol. 13, pp. 1–5, 2018.

A. Y. Labolo, “MENGGUNAKAN METODE ADDITIVE RATIO ASSESSMENT ( ARAS ),†vol. 5, no. 1, pp. 1–5, 2020.

Betrisandi, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI PENERIMA BANTUAN PEMBERDAYAAN UNTUK KELOMPOK PETERNAK SAPI MENGGUNAKAN METODE ARAS (ADDITIVE RATIO ASSESSMENT),†vol. 4, no. 1, pp. 40–46, 2019.

Downloads

Published

2020-01-30

URN