Implementasi Kriptografi Pengamanan Data Gaji Menggunakan Metode Rivest Code 4 (RC4) pada PT. Deli Food

Authors

  • Debby Cynthia Balqis
  • Puji Sari Ramadhan
  • Erika Fahmi Ginting

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i1.4526

Abstract

Pada PT. Deli Food  yang belum memiliki sistem pengamanan data.Dengan adanya Penelitian ini Membahas Tentang bagaimana cara mengamankan data menggunakan kriptografi. Pada PT. Deli Food ada berbagai jenis data penting  yang perlu dijaga kerahasiaannya. Yaitu data gaji,data absensi, data pendapatan perusahaan  dan surat-surat lainnya, jadi perlunya pemahaman dan pengetahuan mengenai kriptografi agar terjaga keamanan pada surat-surat yang ada pada perusahaan tersebutKeamanan merupakan salah satu yang diinginkan setiap orang pada saat melakukan komunikasi dan saat melalukan proses pengiriman data yang berisikan pesan penting.Oleh sebab itu, maka akan dibangun sebuah sistem Algoritma Rives code 4 (RC4) pada kriptografi berbasis desktop untuk mengamankan data notaris. Kriptografi merupakan proses penyandian/penyamaran data yang bertujuan untuk mengamankan data atau informasi yang bersifat rahasia. 

Author Biographies

Debby Cynthia Balqis

Sistem Informasi

Puji Sari Ramadhan

Sistem Informasi

Erika Fahmi Ginting

Sistem Informasi

References

C. A. Sari, et al. " PENYEMBUNYIAN DATA UNTUK SELURUH EKSTENSI FILE MENGGUNAKAN KRIPTOGRAFI VERNAM CIPHER DAN BIT SHIFFTING " Jurnal of Applied Intelligent System, vol. 1 No. 3, (179-190) 2016.

F. N. Pabokory, I. F. Astuti, and A. H. Kridalaksana, " IMPLEMENTASI KRIPTOGRAFI PENGAMANAN DATA PADA PESAN TEKS, ISI FILE DOKUMEN, DAN FILE DOKUMEN MENGGUNAKAN ALGORITMA ADVANCE ENCRYPTION STANDARD, " Jurnal Informatikan Mulawarman vol. 10 No.1 2015.

N. D. Nathasia and A. E. Wicaksono, "PENERAPAN TEKNIK KRIPTOGRAFI STREAM CHIPHER UNTUK PENGAMANAN BASIS DATA," Jurnal Basis Data, ICT Reseach Center UNAS vol. 6, no. 1, ISSN. 1978-9483, 2011.

D. Herdansyah and Retantyo Wardoyo, "Implementasi Protokol Diffie-Hellman dan Algoritma RC4 Untuk Keamanan Pesan SMS," IJCCS, vol. 5, no. 1, 2011.

A. Zelvina, S. Efendi and D. Arisandi, "Perancangan Aplikasi Pembelajaran Kriptografi Kunci Publik ElGamal Untuk Mahasiswa," JURNAL DUNIA TEKNOLOGI INFORMASI, vol. 1, no. 1,(56-62) 2012.

J. Simarmata, "Pengamanan Sistem Komputer" 2006.

Rinaldi and Munir, "Analisi Kriptografi Klasik Jepang",2011-2012.

D. Ariyus, "Keamanan Multimedia",2009.

Downloads

Published

2021-09-30

URN