Sistem Pengambilan Keputusan Pemilihan Toko Bunga Terbaik Di Desa Bangun Sari dengan menggunakan metode Multi Objective Optimization On The Basis Ratio Analysis (MOORA)

Penulis

  • Harjian Suwitama STMIK Triguna Dharma
  • Marsono Marsono STMIK Triguna Dharma
  • Puji Sari Ramadhan STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i5.4522

Abstrak

Usaha berjualan buga segar adalah usaha yang cukup menguntungkan  sebab bunga segar sangat dibutuhkan masyarakat pada saat ini. Selain untuk dibudidaya,  bunga segar juga sering dijadikan bahan dekorasi di suatu acara-acara besar untuk menambahkan kesan indah.Semakin meningkatnya minat masyarakat terhadap bunga segar, maka akan semakin tinggi juga daya saing yang di rasakan oleh para pelaku usaha bunga segar. Di desa Bangun Sari Tanjung Morawa khususnya, terlihat sudah banyak masyarakat yang memiliki usaha penjualan bunga segar yang membuat para pelaku usaha juga harus semakin berkreativitas meningkatkan usahanya agar dapat bersaing dengan pengusaha bunga segar lainnya. Aplikasi pengambilan keputusan yang dikembangkan ini bertujuan untuk membantu para masyarakat dalam mencari tahu toko bunga terbaik khususnya di daerah desa Bangun Sari Tanjung Morawa menggunakan metode penelitian Multi Objective Optimization On The Basis Ratio (MOORA untuk mendapatkan hasil kesimpulan beberapa hasil penelitian. Diharapkan dengan sistem pengambilan keputusan ini para masyarakat dapat mengetahui toko-toko bunga terbaik di desa Bangun Sari Tanjung Morawa.

Biografi Penulis

Harjian Suwitama, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Marsono Marsono, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Puji Sari Ramadhan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Referensi

R. Saragih, “Membangun Usaha Kreatif ,†J. Kewirausahaan, vol. 3, p. 27, 2017.

C. Lukita, C. Nas, and W. Ilham, “Analisis Perbandingan Metode MOORA dan Metode WASPAS Dalam Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Utama Peningkatan Kualitas Mata Pelajaran,†J. Nas. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 5, no. 3, pp. 130–137, 2020, doi: 10.25077/teknosi.v5i3.2019.130-137.

S. Khoiriyah, Y. Yunita, and A. Junaidi, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Crew Store Terbaik Menggunakan Metode Profile Matching di PT Sumber Alfaria Trijaya,†J. Teknol. dan Ilmu Komput. Prima, vol. 2, no. 2, p. 27, 2019, doi: 10.34012/jutikomp.v2i2.668.

D. Editor, “Jurnal ABM-Mengabdi.â€

Ninla Elmawati Falabiba, “済無No Title No Title No Title,†vol. 11, no. 1, pp. 777–786, 2019.

I. Herman Firdaus, G. Abdillah, F. Renaldi, and U. Jenderal Achmad Yani Jl, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Ahp Dan Topsis,†Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 2016, no. Sentika, pp. 2089–9815, 2016.

Diterbitkan

2020-05-30

Terbitan

Bagian

Articles

URN