Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Vendor Transporter Dengan Metode Weight Product ( Studi Kasus Pt. Nippon Indosari Corpindo Tbk)

Authors

  • Hendrik Juanda Theodorus Stmik Triguna Dharma
  • Zaimah Panjaitan Stmik Triguna Dharma
  • Rina Mahyuni Stmik Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i1.4519

Abstract

 PT. Nippon Indosari Corpindo Tbk  merupakan salah satu perusahaan roti dengan merek dagang Sari Roti terbesar di Indonesia. Perusahaan ini berdiri pada tahun 1995 sebagai sebuah perusahaan penanaman modal asing dengan nama PT Nippon Indosari Corporation. Dalam menetukan menentukan vendor transporter pada PT. Nippon Indosari Corpindo Tbk harus memiliki kriteria-kritera yang sudah di terapkan  oleh pihak perusahaan.                 Permsalahan tersebut dapat dibutuhkan suatu sistem  yang dapat membantu  dalam mengambil keputusan, yaitu Sistem Pendukung Keputusan. sistem pendukung keputusan yang dapat mengomptimalkan secara bersamaan dua atau lebih atribut (sasaran)  yaitu metode Weight Product (WP). WP adalah keputusan analisis multi-Kriteria yang populer dan metode ini juga didasarkan atas kompleksitas komputasi yang tidak terlalu sulit sehingga waktu yang dibutuhkan dalam menghasilkan perhitungan relatif singkat.                Hasil penelitian ini membantu PT. Nippon Indosari Corpindo Tbk dalam menentukan  menentukan vendor transporter, sistem yan dihasilkan dapat mempermudah pengambil keputusan secara akurat dan efisien.  Kata Kunci: Penilaian, Sistem Pendukung Keputusan, Transpoter, Vendor, WP. 

Author Biographies

Hendrik Juanda Theodorus, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Zaimah Panjaitan, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Rina Mahyuni, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

I. Indriastuti, F. Santi Wahyuni and F. Ariwibisono, "Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Pupuk Pada Tanaman Padi Di Jawa Timur Menggunakan Metode Technique For Order Preference By Similarity Of Ideal Solution (TOPSIS) DAN WEIGHT PRODUCT (WP) BERBASIS WEB," 2021.

J. and R. Nazli, "Penerapan Metode Mamdani Untuk Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Golongan Obat Sesuai Dengan Penyakit Diabetes," JURNAL TEKNOLOGI DAN OPEN SOURCE, vol. I, no. 2, pp. 67 - 74, 2018.

Y. Perwira, "Penentuan Peringkat Pelanggan Terbaik Dengan Metode Weighted Product (Studi Kasus Pt.Asia Raya Foundry)," Jurnal Matik Penusa, vol. III, no. 1, pp. 138-147, 2019.

C. Budihartanti, Y. N. Dewi, I. Purnamasari, P. Studi, S. Informasi, S. Tinggi,

M. Informatika, D. Komputer and N. Mandiri, "JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh)".

W.Yahyan, M.Siregar, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Bibit Benih Padi Unggul Berbasis Webmenggunakan Metode AHP (Analytical Hierarchy Process)," MENARA Ilmu, vol. XIII, no. 11, pp. 61-68, 2019.

E. N. A. Hidayah and E. Fetrina, "Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Jabatan Pegawai Dengan Metode Profile Matching," Jurnal Sistem Informasi, vol. X, no. 2, pp. 127-134, 2017.

Downloads

Published

2021-09-30

URN