Penerapan Data Mining Untuk Menentukan Koleksi Buku Pada Perpustakaan Dengan Menggunakan Algoritma K-Means

Penulis

  • Debora Christy Br.Siahaan STMIK Triguna Dharma
  • Darjat Sari purna
  • Firahmi Rizky

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i1.4518

Abstrak

Perpustakaan merupakan suatu ruangan di dalam gedung yang berisi buku-buku atau karya ilmiah yang disusun sedemikian rupa agar mudah untuk dicari. Perpustakaan bisa kita jumpai di Sekolah, Kampus ataupun di Instansi Pemerintah. Diperpustakaan sekolah raksana banyak buku-buku ajar yang tersimpan didalamnya, sehingga para guru tidak kesulitan untuk mencari buku ajar sebagai materi pembelajaran. Namun karena keterbatasan gedung dan ruangan, membuat isi dari perpustakaan sekolah raksana sangat terbatas yang membuat tidak dapat mengoleksi buku-buku pengetahuan dengan banyak, hal ini karena buku-buku ajar yang diutamakan untuk di simpan di perpustakaan seperti buku ajar dari program BOS. Buku-buku ajar yang akan di simpan pun harus dipilih-pilih agar pemanfaat ruang perpustakaan maksimal, tentunya hal ini menyulitkan petugas perpustakaan untuk memilih buku mana yang cocok untuk disimpan dan yang tidak cocok untuk disimpan.       Dari kondisi tersebut dibutuhkan suatu sistem yang mampu mengatasi masalah kelayakan koleksi buku, salah satu literatur yang dapat digunakan adalah data mining. Penelitian ini akan menjelaskan bagaimana pemanfaatan data mining dalam mengatasi masalah kelayakan koleksi buku. Dalam data mining terdapat banyak metode yang dapat dijadikan alternatif penyelesaian masalah, yaitu salah satunya adalah metode K-Means. Algoritam K-Means sederhana untuk diterapkan dan dijalankan, relatif cepat, mudah beradaptasi, umum penggunaannya dalam praktek       Hasil penelitian ini dapat memberikan solusi bagi Sekolah Raksana dalam menentukan koleksi buku dan dapat mempercepat proses seleksi koleksi buku di perpustakaan.            

Biografi Penulis

Debora Christy Br.Siahaan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Darjat Sari purna

Sistem Informasi

Firahmi Rizky

Sistem Informasi

Referensi

K. Umam, V. E. Sulastri, T. Andini, D. U. Sutiksno and M. , "Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Produk Unggulan Daerah Menggunakan Metode VIKOR," Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), vol. V, no. 1, pp. 43-49, 2018.

S. Komariyah, R. M. Yunus and S. F. Rodiyansyah, "Logika Fuzzy Dalam Sistem Pengambilan Keputusan Penerimaan Beasiswa," Jurnak Komputer, vol. I, no. 2, pp. 61-69, 2018.

m. Abrori and . A. h. prihamayu, "Aplikasi Logika FUZZY Metode Mamdani Dalam Pengambilan Keputusan Penentuan Jumlah Produksi," Kaunia, vol. XI, no. 2, p. 91 – 99, 2015.

I. K.E Raga Djara, T. Widiastuti and D. M. Sihotang, "Penerapan Logika Fuzzy Menggunakan Metode Mamdani Dalam Optimasi Permintaan Obat," J-ICON, vol. VII, no. 2, p. 157~161, 2019.

E. N. A. Hidayah and E. Fetrina, "RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KENAIKAN JABATAN PEGAWAI DENGAN METODE PROFILE MATCHING," Jurnal Sistem Informasi, vol. X, no. 2, pp. 127-134, 2017.

D. Nofriansyah, Multi Criteria Decision Making, Yogyakarta: CV.Budi Utama, 2017.

Diterbitkan

2021-09-30

Terbitan

Bagian

Articles

URN