Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Down Syndrome Menggunakan Metode Dempster Shafer

Authors

  • Syarifa Aini Simamora Stmik Triguna Dharma
  • Kamil Erwansyah Stmik Triguna Dharma
  • Usti Fatimah Sari Stmik Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i2.4514

Abstract

Penyakit Down Syndrome ini banyak ditemukan terjadi di masyarakat. Permasalahan yang sering terjadi adalah tidak banyak ditemukan dokter yang ahli dibidang ini, ditambah lagi bagi masyarakat yang jauh di perkotaan seperti masyarakat yang tinggal di daerah pegunungan maupun desa-desa terpencil sangat tidak memungkinkan untuk dapat berkonsultasi dengan dokter dikarenakan faktor jarak, biaya dan juga waktu.       Permsalahan tersebut, maka dibutuhkan suatu sistem yang dapat menampung pengetahuan dokter yang ahli di Down Syndrome sehingga mudah bagi masyarakat dalam mengetahui terkait dengan penyakit tersebut. Salah satu sistem yang mengadopsi pengetahuan pakar tersebut adalah sistem pakar. Dengan sistem pakar, salah satu bidang teknik dari kecerdasan buatan yang dapat menyelesaikan suatu permasalahan tertentu dan metode digunakan adalah metode dempster shafer       Hasil penelitian ini berupa sistem yang dapat mendiagnosa penyakit mendiagnosa penyakit Down Syndrome lebih akurat dan efisien. Kata Kunci: Dempster Shafer, Down Syndrome, Pakar, Penyakti, Sistem Pakar. 

Author Biographies

Syarifa Aini Simamora, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Kamil Erwansyah, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Usti Fatimah Sari, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

E. Sugiarto And W. , "Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Mobil Toyota Rush Menggunakan Metode Backward Chaining Dan Pencarian Rute Terdekat Lokasi Bengkel Dengan Algoritma Floyd Warshall," Universitas Dian Nuswantoro, Vol. II, No. 1, Pp. 1-7, 2018.

E. Lestari And E. U. Artha, "Sistem Pakar Dengan Metode Dempster Shafer Untuk Diagnosis Gangguan Layanan Indihome Di Pt Telkom Magelang," Khazanah Informatika, Vol. III, No. 2477-698X, Pp. 16-24, 2017.

D. Purnomo, B. Irawan And Y. Brianorman, "Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Kucing Menggunakan Metode Dempster-Shafer Berbasis Android," Jurnal Coding Sistem Komputer Untan, Vol. V, No. 2338-493X, Pp. 45-55, 2017.

S. Iswanti And R. N. Anggraeny, "Implementasi Metode Dempster-Shafer Pada Sistem Pakar Pendiagnosa Kerusakan Sepeda Motor," Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, Vol. XIV, No. 1, Pp. 39-45, 2019.

M. Zulfian Azmi, ST., M.Kom. Dan Verdi Yasin, S.Kom ., Pengantar Sistem Pakar Dan Metode (Introduction Of Expert System And Methods), Jakarta: Mitra Wacana Media, 2019, Pp. 11-17.

M. Puji Sari Ramadhan And M. Usti Fatimah S. Pane, Judul : Mengenal Metode Sistem Pakar, Fungky, Ed., 2018.

Downloads

Published

2021-11-30

URN