Sistem Pakar Mendianogsa Penyakit Dry Socket (Alveolar Osteitis) Menggunakan Metode Teorema Bayes

Authors

  • Febriani Barus STMIK Triguna Dharma
  • Badrul Anwar STMIK Triguna Dharma
  • Azanuddin Azanuddin STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i1.4512

Abstract

       Dry socket adalah rasa nyeri parah yang terjadi satu sampai tiga hari setelah pencabutan gigi.hal ini disebabkan karena terbukanya socket pada gigi yang terlepas.socket yang sudah terkontaminasi oleh bakteri dan trouma parah pada tulang rahang yang sulit dicabut akan menyebabkan rasa nyeri yang berangsur lama  dan menyebar sampai ketelinga. Dry socket ini bisa terjadi kesemua orang kecuali gigi susu pada anak-anak dan orang yang tidak mempunyai gigi.                                                                               Permasalahan tersebut membutuhkan suatu sistem untuk menyelesaikannya.sistem yang dapat mendianogsa penyakit dry socket adalah sistem pakar. Pakar tidak dapat melayani secara penuh karena terbatasnya waktu dan banyaknya hal yang harus dilayani sehingga sangat dibutuhkan sebuah sistem yang dapat menggantikan peran pakar tersebut. Maka metode yang dapat dibangun yaitu metode Teorema Bayes.                                    Hasil yang pengujian dapat mampu melakukan pendiagnosaan dengan mengakuisisi serta mengumpulkan pengetahuan pakar yang kemudian menerapkan Teorema Bayes yang nantinya akan menghasilkan nilai probabilitas pada gejala pada penyakit dry socket.Kata Kunci: Dry Socket, Sistem Pakar, Teorema Bayes 

Author Biographies

Febriani Barus, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Badrul Anwar, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Azanuddin Azanuddin, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

References

N. Budi Riyanto and O. Suria, "Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pencernaan Mengunakan Metode Teorema Bayes 7".

Reski Mai Candra and Bambang Mirwanto, "Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Gangguan Anxietas Dengan Menggunakan Teorema Bayes," Jurnal CoreIT, Vols. Vol. 4, No. 2, 2018.

M. J. Effendi, M. Triawan and S. Musirawas Lubuklinggau, "SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT TANAMAN KOPI BERBASIS WEB," 2019.

R.Ananda, H.Khatimah, B.Sukmana, "Perbedaan Angka Kejadian Dry Socket Pada Pengguna Kontrasepsi Hormonal Dan Yang Tidak Menggunakan Kontrasepsi Hormonal," 2016.

S. Halim and S. Hansun, "Penerapan Metode Certainty Factor dalam Sistem Pakar Pendeteksi Resiko Osteoporosis dan Osteoarthritis," Jurnal ULTIMA Computing, vol. 7, no. 2, pp. 59-69, 1 8 2016.

N. Susanto, R. Purwaningsih and A. Baharullah, "ANALISIS PENGARUH TRANSMISI MOBIL MANUAL DAN OTOMATIS TERHADAP TINGKAT KESULITAN YANG DIHADAPI PENGEMUDI PEMULA," 2017.

Downloads

Published

2021-09-29

URN