Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Serbuk Kayu Terbaik Untuk Pembuatan Buglog Di Budidaya Jamur Tiram Kautsar Menggunakan Metode Multi Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (MOORA)

Authors

  • Muhammad Taufik Hidayat STMIK Triguna Dharma
  • Darjat Saripurna STMIK Triguna Dharma
  • Erika Fahmi Ginting STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i1.4510

Abstract

Serbuk kayu merupakan sebuah limbah pertanian yang di hasilkan dari industri penggergajian. Selama ini limbah industri penggergajian banyak menimbulkan masalah dalam penanganannya yang selama ini dibiarkan begitu saja padahal serbuk kayu ini sangat berguna sebagai bahan pembuatan briket dan pembuatan media tanam jamur alternatif pengganti sekam padi untuk pembuatan buglog, dalam rangka pemanfaatan kayu seoptimal mungkin dan untuk meningkatkan nilai tambah bagi industri penggergajian. Namun penggunaannya untuk pembuatan baglog jamur tiram relatif belum banyak dilakukan oleh pembudidaya jamur tiram dikarenakan hanya menggunakan salah satu kayu yang umum digunakan adalah serbuk kayu sengon, karena memiliki kadar selulosa dan hemiselulosa, yang merupakan salah satu sumber nutrisi bagi pertumbuhan jamur.       Dari permasalahan tersebut, maka digunakan bidang keilmuan sistem pendukung keputusan untuk memudahkan dan menentukan serbuk kayu terbaik dalam pembuatan baglog di pembudidaya jamur tiram kausar dan menggunakan metode MOORA dapat membantu untuk menentukan pemilihan serbuk kayu terbaik untuk pembuatan baglog .      Hasil pengujian dapat mempermudah pengambil keputusan secara akurat dan akuntabel, Sistem akan bekerja secara komputerisasi dengan menggunakan beberapa kriteria penilaian sehingga dapat menghasilkan keputusan yang baik dalam menentukan pemilihan serbuk kayu terbaik. Kata Kunci: Buglog, Kayu, MOORA, Pengrajin Kayu, Sistem Pendukung Keputusan

Author Biographies

Muhammad Taufik Hidayat, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Darjat Saripurna, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Erika Fahmi Ginting, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

J. Kehutanan et al., “PENGARUH MEDIA TUMBUH BEBERAPA LIMBAH SERBUK KAYU GERGAJIAN TERHADAP PERTUMBUHAN JAMUR TIRAM PUTIH,†vol. 2, pp. 45–53, 2014.

Sutarman, “Keragaan dan Produksi Jamur Tiram Putih ( Pleurotus Ostreatus ) Pada Media Serbuk Gergaji dan Ampas Tebu Bersuplemen Dedak dan Tepung Jagung Varibility and Production White Oyster Mushroom ( Pleurotus ostreatus ) on Sawdust Media and bagasse Supplemented,†J. Penelit. Pertan. Terap., vol. 12, no. 3, pp. 163–168, 2012.

J. Claudia and D. Costa, “Pengaruh Komposisi Media Pembibitan terhadap Pertumbuhan dan Hasil Beberapa Jenis Jamur Tiram ( Pleurotus spp .) The Effect of Stock Culture Media Composition to Growth and Yield of Some Oyster Mushroom ( Pleurotus spp . ),†vol. 7, no. 10, pp. 1885–1892, 2019.

S. Manurung, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN GURU DAN PEGAWAI TERBAIK MENGGUNAKAN METODE MOORA,†vol. 9, no. 1, pp. 701–706, 2018.

E. N. A. Hidayah and E. Fetrina, "RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KENAIKAN JABATAN PEGAWAI DENGAN METODE PROFILE MATCHING," Jurnal Sistem Informasi, vol. X, no. 2, pp. 127-134, 2017.

D. Nofriansyah, Multi Criteria Decision Making, Yogyakarta: CV.Budi Utama, 2017.

Downloads

Published

2021-09-30

URN