Sistem Pakar Mendeteksi Penyakit Jamur Tiram Menggunakan Metode Teorema Bayes

Penulis

  • malem ginting
  • Yopi Hendro Syahputra STMIK Triguna Dharma
  • Khairi Ibnutama STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i1.4506

Abstrak

Jamur Tiram merupakan jamur pangan dari kelompok Basidiomycota dan termasuk kelas Homobasidiomycetes dengan ciri-ciri umum tubuh buah berwarna putih hingga krem dan tudungnya berbentuk setengah lingkaran mirip cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung. Penyakit jamur tiram tersebut mempunyai beragam-ragam rupa sehingga banyak orang susah membedakan penyakit-penyakit tersebut. Apalagi petani pemula dan masyarakat yang menanam di pekarangan rumah kesulitan untuk mengatasi penyakit akibat kurang pengetahuan dan tidak pernah konsultasi kepada pakar pada tanaman Jamut Tiram.       Permasalahan di atas dapat diselesaikan dengan ilmu teknologi yang sudah canggih saat ini supaya petani ataupun masyarakat dapat mendiagnosa penyakit yang ada pada Jamur Tiram tanpa harus berkonsultasi pada para pakarnya, dan salah satu yang dapat digunakan ialah Sistem Pakar. Dalam membangun Sistem Pakar dibutuhkan suatu metode, salah satunya Teorema Bayes.       Hasil pengujian ini didapatkan memecahkan masalah dalam mendiagnosa penyakit jamur tiram dengan cepat dan bermanfaat bagi pihak dinas pertanian dalam mendeteksi penyakit jamur tiram Kata Kunci: Jamur Tiram, Penyakit, Petani, Sistem Pakar, Teorema Bayes

Biografi Penulis

Yopi Hendro Syahputra, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Khairi Ibnutama, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Referensi

N. Budi Riyanto and O. Suria, "Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pencernaan Mengunakan Metode Teorema Bayes 7".

Reski Mai Candra and Bambang Mirwanto, "Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Gangguan Anxietas Dengan Menggunakan Teorema Bayes," Jurnal CoreIT, Vols. Vol. 4, No. 2, 2018.

M. J. Effendi, M. Triawan and S. Musirawas Lubuklinggau, "SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT TANAMAN KOPI BERBASIS WEB," 2019.

R.Ananda, H.Khatimah, B.Sukmana, "Perbedaan Angka Kejadian Dry Socket Pada Pengguna Kontrasepsi Hormonal Dan Yang Tidak Menggunakan Kontrasepsi Hormonal," 2016.

S. Halim and S. Hansun, "Penerapan Metode Certainty Factor dalam Sistem Pakar Pendeteksi Resiko Osteoporosis dan Osteoarthritis," Jurnal ULTIMA Computing, vol. 7, no. 2, pp. 59-69, 1 8 2016.

N. Susanto, R. Purwaningsih and A. Baharullah, "ANALISIS PENGARUH TRANSMISI MOBIL MANUAL DAN OTOMATIS TERHADAP TINGKAT KESULITAN YANG DIHADAPI PENGEMUDI PEMULA," 2017.

Diterbitkan

2021-09-30

Terbitan

Bagian

Articles

URN